Friday, December 30, 2011

Visualize - Imagine - Faith

*inspired on a discussion within CG regarding one screen-captured sharing :)*

Bermula dari satu foto yang di-upload sama bro @lee_minzz di group BB yang isinya anak2 ConnectGroup (CG, nama komsel di GMS) 06 dan 20, dari buku yang dibacanya baru2 ini *details will be given later yak, rempong mo cari image buku nya :P*.. Bukunya sangat bagus, untuk mengenali diri sendiri, dan mengatasi ketakutan ketika kita menghadapi perubahan *quoted directly from pak LeeMin*.. Bukunya bisa dicari di toko buku terdekat, while stock last :P
Dari satu foto itu, jadi bahan diskusi yang lumayan menarik, dan gw juga teringat satu hal yang terjadi dalam kehidupan gw yang cocok untuk kasus ini, langsung deh tuang jadi tulisan di blog :)
ini capture nya.. keliatan kan yang di-highlight?
Setelah itu, ada pembahasan menarik tentang bedanya IMAN (FAITH) dengan HARAPAN (HOPE).. Memang pembahasan tentang perbedaan ini jarang bisa kita pahami kalau nggak kita telusuri lebih lanjut.. Di sini, gw bahas berdasarkan apa yang gw temukan, juga apa yang dibahas dalam grup itu.. Kalau ada yang merasa keberatan / tidak setuju, jangan sungkan2 komen di bawah yah :D

Pembahasan di grup itu, sama seperti yang gw temukan.. Gw coba search di google, define faith dan hope, hasilnya seperti ini:
Dengan definisi seperti diatas, terlihat jelas bedanya toh? Harapan itu suatu hal yang kita inginkan, tapi belum pasti akan terjadi / terkabulkan.. Iman itu kepercayaan kita terhadap suatu hal, yang belum terlihat di depan kita, tetapi kita percaya hal itu akan terjadi / ada..

Dari foto yang di atas, dijelaskan tentang bagaimana yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.. Kita perlu VISI dan MISI yang jelas untuk merealisasikan apa yang kita inginkan terjadi..

Contohnya seperti yang ditulis di gambar itu: "saya masuk ke dalam air begitu saya bisa berenang".. Pertanyaan besarnya adalah, gimana mungkin kita bisa berenang kalo kita enggak masuk dalam air terlebih dahulu? Bener juga yak, gimana mungkin kita bisa berenang kalo kita enggak masuk ke air? Berenang di mimpi? Yea rite, keep dreaming and do nothing.. Kalo kata temen gw *lupa siapa yang ngomong*, kita perlu yang namanya LANGKAH IMAN.. Sebelum kita memiliki hal tersebut, kita harus berbuat sesuatu untuk mencapainya :)

Visualize it, and Do something about it!
Kita perlu bermimpi besar untuk apa yang kita inginkan, tapi kita juga perlu membuat perencanaan untuk mencapai apa yang kita inginkan.. Gak ada salahnya koq kita bermimpi, toh mimpi nggak perlu bayar :P malah kadang mimpi itu datang dan pergi sesuka hatinya aja *dah kayaq lagu aje*.. Tapi, ada satu hal yang perlu diingat: ada harga yang perlu dibayar untuk mencapai sesuatu hal yang kita inginkan.. Mimpi emang gak perlu bayar, tapi kita perlu 'bayar' sesuatu untuk mencapai apa yang kita impikan.. Kalo cuma mimpiin, tapi enggak berbuat apa2, berharap turun dari langit, it would be useless..


Kenapa perlu diimajinasikan?
Sewaktu ikut Scout (nama komsel di Starlight), juga pernah dibahas tentang "What you see is what you get.. Apa yang kamu lihat itulah yang akan kamu dapatkan.." Semakin kita imajinasikan dalam pikiran kita setiap hari, trust me, it will happen in His time.. Hal ini, gw udah merasakannya secara langsung, and here goes my sharing :)

Sharing:
Pas di Jakarta, rempong bener kalo nggak punya kendaraan pribadi.. Mau kemana2 ribet, banyak repotin orang buat anter jemput kita.. Naik transportasi umum, keamanan minim, kalo hujan, ya pasrah hujan2an kalo lupa bawa payung :P Intinya, lebih nyaman kalo ada kendaraan pribadi dah..

Dulu, gw sebenarnya dah bisa nyetir, tapi enggak pernah terjun ke jalanan *yah, belum bisa namanya itu mah..*.. Pengen terjun ke jalan, tapi gak ada yang merelakan mobilnya buat gw bawa hahaha.. Ya iyalah! SIM kaga punya, nyetir di jalan belum pernah, apa kabar kalo gw nabrak? Bisa berabe ceritanya entar..
Trus, waktu jalan sama Monik, banyakan naik taksi atau gak pergi ama keluarganya, bokapnya yang nyetir x_x *malu bett dah..* Gak enak banget dah rasanya.. At one day, bokapnya nanya gw sebenarnya bisa nyetir atau gak, dengan alibi seperti diatas, in the end setelah kelar thesis, ikut pelatihan sekolah mengemudi di sana..

Mungkin emang dasarnya gw rada gila, atau gw lupa daratan; pas hari pertama latian, setelah gantian di dalam kompleks perumahan gitu, gw nyetir dengan antengnya, sampe2 gw kebutin tanpa gw sadari.. Gebleg emank, gw baru sadar pas dibilang ama instruktur nya, "pelan dikit yah dek nyetirnya, ini dalam kota.." Rupanya gw udah masuk ke gear-4 xD.. At the end, gw berhasil dengan baik, dan gw bisa nyetir sampe sekarang ini :D *walo udah nyeruduk entah berapa kali...*

Setelah itu, gw membayangkan, gw pengen banget bisa punya mobil sendiri.. Waktu itu gw cuma nyetir mobilnya Monik, jadinya cuma bisa nyetir on weekends, dan waktu itu, gw kerja dari Senayan ke Kapuk Muara, yang akhirnya pindah ke daerah Pantai Indah Kapuk *tetep aje jauh..* Jakarta Selatan ke Jakarta Utara..

Bayangin that kind of trip everyday, dan entah gimana gw membayangkan kalo gw nyetir mobil sendiri ke kantor.. Gw waktu itu juga sharing sama temen2 komsel, gw pengen punya kendaraan sendiri, at least ada motor dah.. Sangking gw imani, gw sampe kebayang dalam mimpi, gw ke kantor naik mobil sendiri, gw yang nyetir meenn.. Awalnya gw sampe kirain tuh udah beneran, gara2 gw mimpi gw nyetir mobil Freed yang di rumah, otw ke kantor, sampe akhirnya gw mikir dalam mimpi *inception..*, emank kapan nih mobil nongol di Jakarta? kan ini mobil di rumah di Tebingtinggi.. Kebangun deh, dan ternyata itu cuma mimpi hahaha.. Gile, sampe kebawa mimpi gitu ckckck..

Waktu itu motor sudah di-approve sama nyokap, cuma bingung mau beli yang gimana, ditambah lagi prosedurnya yang lumayan rempong hanya gara2 gw nggak punya KTP Jakarta.. Pas itu, gw mengimani diri gw, gw bakal bawa mobil, bukan motor.. Tiba2 koko gw kasi bocoran, mending tuh motor pending dulu yak, ada kemungkinan Mom bakal approve mobil *wow!!*..

And guess what? Akhirnya nih mobil tersedia buat gw, bukan dibeliin sama ortu, tapi diprovide dari kantor :D Wow! How great is that?! Apa yang gw LIHAT kalo gw akan bisa nyetir mobil, gw BAYANGKAN dalam imajinasi gw, bahkan sampe gw mimpiin, dan gw YAKIN hal itu akan nyata, dan here it is!

Have FAITH in your HOPE
Semua dimulai dari iman kita.. Apa yang kita lihat, dan hal itu masuk dalam imajinasi kita, kita pikirkan dan bayangkan setiap hari, dan kita percaya hal itu akan kita miliki suatu hari nanti.. Kalau enggak kita imani, gimana mungkin kita bisa melihat hal itu menjadi nyata?
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. (Ibrani 11:1 - TB)
Now FAITH is confidence in what we HOPE for and assurance about what we do not see. (Hebrew 11:1 - NIV)
Here is a good formula that we should apply in our life.. This should be a good reminder for myself :)
Dream -> Make Plan -> Take Action -> Have Faith -> Result

Tiga step di tengah merupakan hal penting untuk mencapai apa yang kita inginkan.. Kalo kita cuma doakan, kita punya iman, tapi kita tidak berbuat apa2, gimana mungkin hal itu bisa terjadi? Itulah HARGA yang mesti kita bayar..
Seperti yang dibilang Bu Aling dari CG20, gak ada yang gratis di dunia ini *kecuali kentut.. kentut gratis cuy hahaha.. oh iya, mimpi juga denk..* Hal yang gratis tidak akan menghasilkan apapun.. Mau kenyang, perlu makan, makan perlu bayar supaya dapat makanan yang enak.. *Tapi kentut menghasilkan sesuatu sih, orang di sekitar langsung protes dan tutup hidung, apalagi habis makan duren beghhh maknyoossss hahaha :P*

Enw, kembali ke topic..
Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati. (Yakobus 2:26 - TB)
As the body without the spirit is dead, so faith without deeds is dead. (James 2:26 - NIV)
Ayat ini cukup jelas toh, kalaupun kita punya iman, tapi kita enggak berbuat apa2, ya sama aja boong.. Gimana mungkin kita bisa nyetir kalo kita enggak belajar terlebih dahulu? Ada mobil tapi gak bisa nyetir, yah sami mawon, mo diapain tuh mobil kalo kita sendiri gak bisa nyetir? Ujung2nya, sewa supir, keluar duit lebih, syukur juga kalo punya duit lebih :D hahaha..

Then, how to have faith?
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. (Roma 10:17 - TB)
Consequently, faith comes from hearing the message, and the message is heard through the word about Christ. (Rome 10:17 - NIV)
Now you know how.. Keputusan ada di tanganmu sendiri bagaimana kamu mau mencapai mimpimu :) Perlu diingat juga, Tuhan selalu menjawab apa yang kita minta, dan kadang jawabannya adalah TIDAK.. Tambahan dari brother Hendri Angelo, kita juga enggak boleh sembarangan beriman, kalau hal itu untuk kepentingan kita sendiri dan memuaskan keinginan daging kita, He will give a NO for what you wish for..

Semoga post ini bisa mengajarkan sesuatu buat teman2 yang membacanya :) Kalau ada hal yang mau disanggah atau ditambahkan, feel free to add it in the comments :)

Let the glory to God!

3 comments:

  1. Nice post bro..
    Ga nyangka ye dr pertanyaan gue d foto group cg,elo bs crita panjang lebar gini.
    Seperti td gue bilangin sebenarnya w mau sharing mengenai visualisasi yg menjadi harapan....tp penjelasan kalian lebih bgs2...sedap si ar.hehehe
    Keep writing bro...imani tulisan2 u pasti akan bermanfaat.amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks bro :) post ini juga ada berkat pembahasan yang lu mulai di grup :) senang kalo tulisan ini bisa menjadi berkat buat yang baca :)

      Delete

What's your thoughts? Share with me :)