Tuesday, March 27, 2012

The Right Tools

Pengalaman dari menyetir mobil memang unik, banyak hal yang bisa gw pelajari dari beberapa kejadian pas menyetir mobil, dan ternyata hal itu kurang lebih bisa juga dikaitkan dengan kehidupan kita sehari2.. Salah satu contohnya seperti kejadian yang gw alami kemaren ini..

Di kantor, gw dapet satu fasilitas transport yang boleh gw bawa tiap hari, dan mobil ini share dengan rekan gw di kantor untuk setiap kepentingan kantor.. Selama gw training di Malaysia sewaktu bulan Februari, mobil ini gw titipin ke rekan gw, dan baru gw ambil setelah gw pulang ke Indo lagi..

Nah, pas gw pake mobil ini, gw merasa ada yang aneh dengan kaca spion sebelah kanannya.. Tiap kali gw mau pindah jalur kanan, gw merasa pusing, dan juga arah pantulan dari kaca itu beda dari biasanya.. Kenapa gw bisa merasa beda? Kaca spion kiri dan kanan itu harusnya membantu pengemudi untuk melihat jalur kiri dan kanannya dengan posisi pas setengah badan mobil ke belakang.. Sementara, yang gw liat itu seperti pantulan kaca, jadi cuma vertikal searah dengan jarak pandang gw seperti pantulan cermin biasa, yang artinya, kalo ada mobil di sebelah kanan gw dengan jarak sudah pas lewat setengah badan, gw enggak bakal tau ada mobil itu di sebelah gw, yang mana itu bukan hanya membahayakan gw, tapi juga mobil sebelah gw..

Gw langsung telpon ke rekan gw, dan dia bilang kalo memang kaca spionnya sempat diganti karena yang lama pecah disenggol motor.. Gw bersikeras bilang kalo itu bukan kaca spion yang seharusnya, tapi dia ngotot bilang itu sama, cuma belom terbiasa aja.. Malemnya, pas gw lagi pergi, 4 kali hampir nyenggol motor yang ada di samping kanan mobil gw, karena gak keliatan di kaca spion *huff..*.. Besokannya gw masih ngotot bilang itu bukan kaca spion yang seharusnya, dan jadinya saling ngotot..

Sampai akhirnya, dia sendiri yang merasa pusing ketika melihat ke kaca spion itu, dan dia sendiri nyaris menyerempet mobil yang ada di kanan belakangnya karena gak keliatan di kaca spion.. Baru deh diganti dengan kaca spion yang bener.. (mau tau lebih banyak tentang kaca spion? Check it here..)

Moral of the story
Ketika kita melakukan sesuatu menggunakan peralatan yang berbeda, kita tidak bisa melakukannya dengan maksimal, malah bisa jadi akan membahayakan, bukan hanya diri kita sendiri, tapi juga bisa membahayakan orang lain..

Hal ini mengingatkan gw tentang pentingnya memenuhi suatu standard kehidupan.. Kasus gw tadi itu, memang sih sama2 menggunakan kaca, tapi ada perbedaan antara kaca spion dan kaca biasa, dan kita tidak seharusnya menggunakan kaca biasa menggantikan kaca spion..

Kita sendiri juga harus memperlengkapi diri kita dengan berbagai hal untuk menghadapi tantangan2 hidup kita yang harus kita lalui sehari2.. Jika kita tidak memperlengkapi diri dengan perlengkapan yang tepat, bagaimana kita bisa mengunci permasalahan itu?

Contoh sederhananya saja, bagaimana kita bisa mengerjakan soal akuntansi, kalau kita sama sekali tidak pernah mempelajari akuntansi sebelumnya? Bisa saja kita punya pengetahuan tentang akuntansi dasar, tapi belum berarti kita bakal mampu menjawab soal akuntansi yang rumit.. Got what I mean?

Kita tidak bisa membuka mur ukuran 10, dengan menggunakan kunci pas ukuran 9 ataupun 11, harus menggunakan ukuran yang sama baru kita bisa membukanya dengan baik..

Memang, kita harus terus memperlebar kapasitas kita, menjadikan diri kita lebih baik dari sebelumnya, tapi bukan berarti kita harus menggunakan kunci yang lebih besar untuk membuka pintu yang lubang kunci nya kecil toh? Tetap kita harus menggunakan kunci yang tepat untuk membukanya supaya kita bisa going another level :) Dalam konteks ini, kita harus bijak dalam menentukan langkah kita.. Hidup itu pilihan, dan kita sendiri yang memilih ke arah mana hidup kita akan melangkah..

Dalam kehidupan, kita juga harus bisa memenuhi standard yang sesuai dengan ajaran agama masing2.. Setiap insan manusia diajarkan untuk menjadi umat yang berperilaku dan memiliki hati yang baik.. Pertanyaan untuk setiap kita, apakah kita sudah memenuhi standar itu?

Alangkah lebih baik jika kita bisa lebih bijak dalam menentukan apa yang harus kita lakukan, dan bagaimana kita akan melakukannya, agar kita bisa mencapai sesuatu tanpa perlu membahayakan orang di sekitar kita.. Growing OLD is a MUST, Growing MATURE is an OPTION..

Decision is yours, be wise!

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)