Saturday, December 24, 2011

A Story of Cenil

*inspired in my family group chat, started by my Big Bro discussion..*

Pas kemaren ini lagi ada perayaan onde / cenil / mochi / apapun lah itu namanya.. Intinya, perayaan yang dirayain menandakan sebulan lagi menuju imlek *yippiee.. Chinese New Year incoming :D*.. Secara tradisi sih, ceritanya kalo makan cenil / onde ini, nambah 1 umur hahaha.. Gile, gak kebayang gw sekarang dah umur berapa yak kalo mo dihitung tiap taon? Berarti setaon nambah 2 umur :P hehe.. Di tengah membahas makan cenil itu, tiba2 Big Bro gw nyeletuk sesuatu..

Niat hati si koko sih mo bikin ngiler adik2nya yang nggak kebagian jatah gara2 gak ada yang masakin cenil.. Pajang foto di grup, pamerin apa yang dia dapat..
early condition
Bahas2 tentang si cenil ini, tiba2 dia membahas sesuatu hal tentang hidup, discussing of how tough a life is in this world.. Dan ada suatu hal yang menarik dari si cenil ini sebagai implikasi yang menarik untuk dibahas..

Kondisi awal dari si cenil yang difoto, keruh dan buram, gak kelihatan dengan jelas warna2 cenil yang ada di dasarnya.. Walaupun keliatan keruh, air nya tuh sebenarnya manis loh.. Enak disantap, ada jahe2nya sedikit, jadi maknyus.. Setelah diminum sedikit, keliatan dasarnya, cenil2 nya juga makin jelas warna nya, dan rasanya makin enak setelah gigit cenilnya :)

after a while - Color of Life..

Sama seperti kondisi kehidupan kita.. Kadang kita juga tidak tau apa yang ada ke depannya, awalnya hanya terlihat samar2 karena hal itu sudah terbayangkan dalam visi kita, tapi kita tidak tau bagaimana prosesnya..

Selama prosesnya, kita habisin perlahan2 airnya.. Seperti rasa yang udah dibilang di atas, ada rasa manisnya, juga ada rasa jahe, jahenya bikin ada sedikit rasa pedas2 pahit gimana gitu, tapi rasanya sedapp..
Dalam hidup kita juga sama, ada berbagai rasa, dari yang enak yang manis2, sampe rasa pedas2 pahit.. Yet, that's the "taste of life".. Ada yang enak dan ada yang tidak, tapi tetap harus kita jalani toh? Seenggak enaknya juga, akan ada waktuNya untuk hal yang dapat kita rasakan enak..

Dan sebenarnya, kalau kita bersyukur dalam apa yang kita miliki saat ini, yang cukup untuk menghidupi kehidupan sehari-hari kita, itu udah cukup toh? LIFE'S GOOD ALREADY! Hanya saja, kadang kita menginginkan sesuatu yang LEBIH, perasaan tidak puas itulah yang bikin kita merasa hidup itu belum enak.. Keinginan seperti inilah yang kadang membuat kita merasa iri hati terhadap mereka yang memiliki lebih dari yang kita miliki; sombong ketika kita sudah di atas angin, dan perasaan negatif lainnya..
The point of having a Good Life is simply BE GRATEFUL AND THANKFUL IN WHAT YOU HAVE TODAY!

Nah, setelah kita melewati proses itu, kita bisa liat ada cenil-cenil kecil berwarna warni yang menanti untuk kita lahap.. It applies the same in life.. Hal yang kita lewati semasa proses itu sebenarnya memperlengkapi dan mempersiapkan diri kita sebelum kita menikmati hasilnya (read this part to complete this post :D).. Memang proses itu ada pahit manisnya, tapi akhirnya indah toh? We can see COLORFUL THINGS AHEAD, the result that we deserved :)

-----
Seburuk apapun situasi kita sekarang ini, JANGAN MENYERAH! Pikirkan bahwa kita sedang dalam proses yang membentuk dan mempersiapkan diri kita untuk sesuatu yang baik di depannya.. Memang ada yang butuh waktu, ada yang waktu singkat, ada juga waktu yang cukup lama, tapi percayalah, good colorful thing awaits at the end of our struggle in the bittersweet process :) *self proven in my personal story ;) you know it :)*

N.B.: Yay!! Post ke-100!! Finally reach this target as my end-of-year personal target \(^.^)/

1 comment:

  1. Chienline OscariusJanuary 3, 2012 at 9:48 AM

    Sesuatu yang kabur itu manis rasanya. Sesuatu yang penuh warna kenyal ga putus-putus digigit :D
    Keseimbangan Yin dan Yang :-)

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)