Wednesday, December 14, 2011

At Last, Financially Secured!

Yupp, title kali ini memang sengaja gw tulis terpisah, tadinya mikir mau ditulis di series Thanksgiving Thursday, tapi sepertinya lebih cocok kalo gw tulis terpisah aja.. Biar lebih nendang maksudnya hehe..

Setelah kejadian dimana gw kehilangan BB untuk kedua kalinya, berhadapan dengan kondisi finansial gw yang cukup kritis, dimana alokasi dana gw berantakan semua, ditambah lagi beberapa kejadian gak penting yang mengakibatkan gw mesti keluar dana ekstra di tengah2 situasi seperti itu..

Kenapa bisa sampe segitunya?
Hal ini diakibatkan dari kesalahan gw sendiri sih, dari dulu tidak manage pengeluaran gw dengan baik.. Gw nggak bikin perincian pengeluaran gw dengan baik, jadinya gw juga nggak tau duit gw habisnya dimana aja, kadang lebih pinter nya lagi, ada yang pinjem duit tapi gw lupa siapa yang minjem dan berapa yang dipinjem..

Ditambah juga, gw sendiri orangnya mungkin terlalu royal, kadang ada beberapa pengeluaran yang sebenarnya nggak diperlukan, tapi dikeluarin *really, don't follow my lead on this one..*

Gw sih bikin garis besar pengeluaran gw: berapa yang mesti gw pake untuk investasi, perpuluhan, keseharian, dan lain2.. Dodolnya, gw nggak tulis berapa yang mesti gw savings, kalopun ada, ujung2nya kepake juga buat daily use gw karena kepepet.. *my bad...*

Karena budget gw untuk beli BB udah minim, mau gak mau terpaksa kasbon dari kantor, dan cicilan untuk kasbon itu mayan bikin gregetan selama 4bulan -_-"
Sebelumnya, gw masih dapet suntikan dana dari ortu setiap bulannya, dan itu lumayan membantu dalam expense gw selama di Jakarta.. Setelah gw di kerjaan baru ini, gw mencoba untuk cut suntikan dana dari ortu.. Sebelumnya, gw masih dapet suntikan dana, dan gw merasa udah cukup lah suntikan dananya, it's time to prove I can live independently on my current situation..

Struggling crazily on that situation.. Menolak ajakan pergi dari temen2 karena budget ketat ini, dan ditambah lagi kejadian2 gak penting kayaq nyerempet, kena tilang, dsb nya, yang mengakibatkan butuh pengeluaran tak terduga yang lumayan besar..
Bahkan alokasi dana gw sempat kacau, investasi gw sempet mandeg, perpuluhan gw juga sempet stop.. Intinya, kacau balau dah kondisi keuangan gw selama 4 bulan itu..

Apa yang gw pelajari?
Tentu saja banyak hal yang gw pelajari dari kejadian ini.. Sebenarnya gw udah dari entah kapan diingetin sama @IanMartiono buat take good care of my expense and budgeting, tapi emang gw nya yang bedul, dan udah berkali2 juga sih nyaris seperti ini, tapi karena masih ada suntikan dana, jadi masih merasa aman..

I learnt this out through a hard time, while I supposed to be able to fix this earlier in the soft time..

Padahal udah sering diingetin, dan harusnya gw udah bisa mulai dari situ, tapi emang gw yang bandel.. Jadinya, gw mesti lewatin proses yang sangat berat, dan banyak hal yang gw sadari selama proses itu..

+ I have a loving family
Waktu itu, gw sebenarnya masih ada dana dari Mom, yang doi kirim buat beli motor, tapi karena keteledoran gw, duitnya raib -_-" Sempet bingung gimana mo ngomong, but then gw ceritain juga.. I deserved to be scolded for this case, and I'm regretting so much for this to happen..
But then, my mom still wants to help, really grateful for it, yet I refused the offer. Why? I have to clean up my own mess.. Udah terlalu banyak repotin nyokap gw, dan sudah waktunya tunjukkin I am able to fit my own needs..
Thanks to my Big Bro who has assisted me with suggestions and some helps to guide me through it all..

+ I have reliable friends
Selama masa itu, bersyukur ada teman2 yang membantu memberikan masukan untuk memperbaiki kondisi keuangan gw..
Thanks to bro @RonaldArtamara yang udah share knowledge dan artikel tentang financial management..
Thanks to @susanclf7, sang TOP Agent dari Prudential, yang udah bantuin gw mencari solusi mengatasi pending payment gw :)
Thanks to all friends who have helped and supported me in suggestions through the tough times (Ian, Aulia, Kur2, Colin, Irene, Vinia, Merrick)

+ I am grateful that I still have a good income that can fulfill my daily life
Dari hal ini, gw bersyukur, gw masih dapat mengalokasikan income gw untuk investasi, untuk kebutuhan sehari2, untuk memenuhi kehidupan yang layak..

Berapa banyak di sekitar kita yang masih belum bersyukur dalam kondisinya yang hidup berkecukupan, bisa makan 3x sehari, sementara di luar sana masih banyak yang berpenghasilan kecil, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari2, tapi mereka mensyukuri hal tersebut setiap hari?

-----
Sekarang, Thank God kondisi finansial gw udah mulai membaik, membuat suatu janji sama diri sendiri, diingetin sama Ian, to keep my savings on going, walaupun sudah ada investasi dsb..

Thank God for all the processes, the guts and strength to pass through this matter.. Memang gw paling buruk dalam hal managing finance, dan kejadian ini mengajarkan gw banyak hal tentang pengaturan keuangan :)

In life, we have the choice to learn a lesson in soft way, but mostly we tend to neglect it before it really crashes hard into our life.. When you learn a lesson in hard way, it will definitely be a great life lesson you will never forget.. Yet, we supposed to be more aware when we are being warned softly..

Hope this sharing story of mine would help you to realize, you don't have to be in hard times to learn something.. And remember, Things happen for a reason.. Maybe we won't realize the reason why for now, but it will be an answer for some other things in the future :)

Lesson Learned: "If you fail to plan, then you plan to fail.."

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)