Friday, July 29, 2011

Driving Your Life

Inspired from "Don't Sweat the Small Stuffs", and personal experience during my driving time..

Pernah gak kita ngebayangin kalo kehidupan itu seperti kita menyetir sebuah mobil? Kita yang pegang kendali dalam kehidupan kita, kecuali kita minta disetirin sih pas lagi cape :P hehe..

Case nyetir menyetir ini sebenarnya udah sering dijadiin candaan antara Colin, Daniel Yahya, Ian, dan gw.. Saling bertanya, udah nyetir sampe mana? hahaha..

Nah pas kemaren gw lagi macet2an di jalan, dimana jalanan lagi PaMer PaHa (Padat Merayap, Pantat Hangat), lagi liatin kiri kanan pada jalan sendat2, sambil dengerin lagu dari iPod *such enjoyable moment during traffic*, gw diem sendiri *yup, wong gw sendirian*, trus seperti yang gw bahas di Battle of Minds, gw mulai deh self-questioning, berkaitan dengan kehidupan yang gw jalani, somehow it's like driving the car.. Dan gw mikir, kenapa gw ngga sekalian tulis jadi bahan blog gw yah? Here's the recap of the questions and some conclusions that I got from that time :)

Where you want to go?
Sewaktu menyetir, kita harus tau donk kita mo kemana, kalo enggak yah nyetir terus, sampe bingung mo kemana, pitstop sembarangan haha.. Dan menurut gw, it applies the same to our life.. Kita harus tau apa tujuan hidup kita; apa yang ingin kita capai *thanks to my second family who taught me to grab a vision :)..

Dan ada kalanya kita mesti pitstop di tempat tertentu untuk beristirahat sejenak sebelum sampai ke tujuan kita.. Yah butuh take a rest and relax juga, masa nyetir terus gak ada berhentinya? Gempor juga atuh nyetir :P *pengalaman jadi supir 3hari berturut2, cape loh nyetir terus -_-*..

Kali ini gw enggak mau bahas banyak tentang vision, karena emang bukan itu tujuan gw buat posting kali ini hehe, the main part is on next question..

How do you drive?
Gw bisa membuat suatu kesimpulan, if you want to know someone, see how they drive! Dari beberapa case yang setelah gw ingat2 dan pikir2, it somehow matches the personality a lil bit, in my opinion *ingat, ini masih pendapat gw, boleh setuju, boleh enggak :)*..

Menurut gw, cara kita nyetir, menunjukkan setidaknya sebagian personality kita, dan cara kita menanggapi kendaraan sekitar (mobil, motor, penyebrang jalan, bus, ojek, bemo, bajaj dan sebagainya yang ada di jalan) adalah respon kita terhadap orang sekitar kita.. Enggak sepenuhnya benar mungkin, tapi this is what I see.. Let me later tell you why I can come up with this conclusion on another post :)

Malam itu, gw lagi bener2 anteng ma jalanan, emang lagi nggak buru2, dan lagi banyak self-questioning, jadi lebih tenang di mobil, tetep anteng di jalur tengah hehe.. Pas itu gw peratiin, ada yang nyetirnya nyalip jalur orang lain, lompat ke kanan dan ke kiri, tergantung jalur mana lebih lancar, dengan maksud supaya bisa lebih cepat sampai ke tujuan kali.. Sangking seringnya dy pindah2 jalur, gw sampe inget itu mobil kalo gw lewatin dia.. Ntah lah apa alasan dy pindah2 jalur gitu, mungkin lagi kebelet pipis di tol kali ya, jadinya buru2 pengen sampe tujuan hehehe..

Percayalah, lebih susah nahan kencing daripada nahan emosi di kala macet di dalam tol! Emosi bisa dikeluarin lewat sumpah serapah super selama macet... Kencing?! Well, kata orang sih bisa aja pipis di botol, but still, it's unethical thing to do!! Ya kalo sendiri di mobil bisa lah, ga ada yang liat :P Tapi kalo rame2?? aw maann, mending nahan emosi dah..

Enw, back to topik.. Awalnya gw masih peratiin tuh mobil, kadang gw lewatin dia, kadang dy lebih cepat dari gw.. Trus tengah-tengah gw udah enggak peratiin tuh mobil lagi, gara2 mesti fokus ke kopling gantung!! Tanjakan! Amit2 mati mesin :P *masih tahap memantapkan diri di tanjakan, butuh banyak latihan nyangkut di tanjakan, tapi kalo bisa jangan deh, capeee*

And guess what, pas gw udah keluar dari tol, masih dengan speed yang tenang, tau2 nih mobil nongol dari belakang dan wuzzz lewatin gw.. Gw kirain dia harusnya udah duluan dari gw, coz dia selalu lewat jalur yang lebih lancar,ternyata dia malah keluar belakangan..

What can i conclude?
Dari cerita di atas, gw bisa simpulkan kalo nyetir mobil itu mirip seperti kita menjalani hidup.. Hidup kita adalah mobil itu, dan kitalah yang jadi supir, yang mengarahkan mobil itu kemana..

Kita memang punya satu tujuan akhir, tapi untuk sampe ke tujuan akhir itu ada checkpoint nya, tahap2 dimana kita menikmati semuanya sebelum kita jalan lagi ke checkpoint berikutnya yang mengarah ke tujuan akhir.. Got my point?


Trus kalo kita bolak balik ke checkpoint yang sama? Misal, kita selalu balik ke rumah, itu kan tempat yang selalu sama disitu.. Yup, seperti yang gw bilang tadi, kita sampai ke checkpoint untuk menikmati semuanya, bersyukur untuk apa yang sudah terjadi dalam sehari, beristirahat untuk menjalani checkpoint baru esok hari nya.. Gak mungkin donk kita diam terus di rumah?? Hey man, mobil kalo engga dinyalain dan dipake lama2 rusak juga.. We need to move everyday, not stuck on one place, to achieve our goals step by step..

Seperti di gambar itu, kita punya kaca spion, supaya bisa lihat apa yang ada di belakang, tapi bukannya kita berjalan mundur, tapi kita tetap berjalan maju.. How can we get to our goal, if we don't move forward? Memang kita boleh melihat ke belakang (Past), tapi jangan diam dan terus liat ke belakang, bisa2 diklakson sama orang gara2 kelamaan diam :P
Kita bisa aja nyetir ngebut atau santai, toh akhirnya kita sampai juga kan ke tujuan kita? Tapi kalo kita ngebut, kita cenderung enggak enjoy selama perjalanan kita; deg2an, mata mesti lebih fokus supaya enggak terjadi apa2 (nabrak, nyenggol, nyerempet, apapun itu lah), malah ekstrimnya, membahayakan orang lain yang di jalan.. In summary, it is so stressful! Tapi kita punya PILIHAN untuk nyetir lebih santai kan? Enjoy the trip, sightseeing around, more aware of stuffs around us..

Gw juga sempet bertanya, kenapa orang lain nyetirnya ngebut2an yah? Dan gw jadinya mikir, kapan gw nyetir ngebut2an..Kebanyakan gw ngebut kalo udah telat dari janji or ngantor, dan enggak enak aja kalo telat dari janji *tapi masih suka telat juga sih huhu*.. Nah kalo udah kayaq gini, ujung2nya semua balik lagi ke self-questioning, mengoreksi diri, gimana caranya supaya nggak telat, so gw enggak perlu ngebut2an.. Yah kadang sih emang unexpected situations membuat out of schedule, tapi sekali lagi, PILIHAN di tangan kita, mau ngebut atau remain calm :)

-----
Well, cukup sampe sini, sebenarnya masih panjang sih yang pengen gw bahas, masih belum bahas tentang orang yang ikut dalam mobil kita, dan lain halnya yang mungkin kepikiran di lain waktu :)

Lanjutannya ada di Part Two dan Part Three loh!

Hope we all learn something out of this, and let's DRIVE SAFE and MOVING FORWARD!

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)