Friday, November 11, 2011

Uniquely you

inspired when going out to buy foods..

Pas beli kwetiau goreng kemaren ini di Jl. Gede, Medan, *disini nih salah satu deretan makanan yang ajib, tapi mahal >.<* gw melihat ada beberapa hal yang unik dari cara A-yi ini mengolah resepnya untuk kwetiau gorengnya.. Mulai dari bahan, peralatan dan cara nya, bener2 baru pertama kali ini gw liat yang seperti ini, dan menurut gw ada sesuatu yang berkaitan dengan daily life yang kita jalani :)

Pada umumnya, orang2 lebih memilih menggunakan telor ayam untuk dijadikan bagian dari resep yang nikmat pas nyantap kwetiau, tapi A-yi ini malah milih telor bebek, dan menurut gw sih emang lebih enak telor bebek sih, walo yang bikin ga sedap tuh baunya lebih aduhai di hidung dibanding telor ayam bagi yang ngga suka bau terlalu nyengat..

Peralatan yang dipake pun ajib, baru kali ini gw liat yang masih pake tungku arang untuk masak.. Awalnya sih gw ngga terlalu peratiin, setelah gw kebagian berdiri di samping tungku nya, baru ngeh kalo ternyata dia pake arang *maap ga ada poto, sangking kagum sampe lupa fotoin :P*.. Biasanya sih semua toko pake pot yang sama, tapi uda dimodifikasi pake gas gitu..

Cara dia memproses masakannya juga unik, setelah kwetiaw nya diolah + sayur dsb nya, telor dimasukin terakhir, ditaro di mangkuk kecil dulu, then kwetiaw di kuali di geser supaya ada space di tengah, baru telor dimasukin di tengah2nya, dibiarin bentar n diaduk rata ama kwetiau nya.. Unik banget dah, mungkin ada rahasia nenek moyang kali tersimpan di resep olah kayaq begitu hahaha..

Banyak jalan menuju Roma
Dari hal ini, gw menyadari kalo hal ini sama seperti cara kita mencapai suatu tujuan.

Tukang jualan kwetiau punya jurus dan resep masing-masing untuk masakannya, tapi intinya mereka sama2 sediain makanan yang enak untuk pembeli nya..

Kita juga kadang mungkin punya goal yang sama dengan orang lain, misalnya jadi penulis, programmer, wiraswasta, dsb nya.. Tapi cara tiap orang berbeda2 untuk mencapai targetnya..

Kali ini gw coba pake contoh gampang, misalnya nih kita sama2 mau belajar bahasa Inggris, apa yang terpikirkan di pikiran kalian? Yang paling awal tentunya kepikiran ambil kursus, mencoba praktekin ngomong English sama orang2, ataupun mungkin belajar otodidak: baca buku sambil sediain kamus kalo nemu kata2 yang nggak tau artinya..

Kalo dulu gw sendiri, belajarnya sambil main game *nah loh, gimana caranya coba?? aneh2 aja si Pisank nih*, memang agak aneh, tapi somehow it works as my fluency in English *sombongg!! pamerr!!*.. Gw dulunya demen banget maen game RPG, gara2 gw pengen tau ceritanya gimana *mpe sekarang juga masih, tapi uda jarang nyentuh game console, nyadar uda tuir (tua) :P* Bahkan nyokap gw merasa anaknya aneh, duduk maen game, tapi koq gaya bener bawa kamus Eng-Ind sambil main (dulu belom secanggih sekarang tinggal buka hape :P).. Tambah lagi, karena demen nyanyi, yah penasaran juga arti lirik nya apaan, lama kelamaan yah jadi lancar deh :) Jadi yah lumayan banyak deh belajar kosa katanya (vocabulary), tapi juga dibarengin sama les juga, biar ngerti Grammar :)
Ada temen gw demennya nonton Western Series, belajar pake subtitle sambil belajar dengerin, jadinya urusan conversation mah udah gampang dah buat dia..

See? Untuk belajar bahasa aja bisa berbagai cara, intinya sama toh, menguasai bahasa Inggris.. Caranya seenak nasi goreng *kalo jidat belom tentu enak soalnya :P*, akhirnya sama2 bisa bahasa Inggris :)

Kita sendiri yang milih caranya, mau lewat jalan yang gampang atau susah, yang cepat atau lambat, yang nyaman atau tidak, yang pastinya dibutuhkan satu hal: NIAT.. Kalo gak niat, mo nulis aja belum tentu bisa nulis hehe..

Dalam satu tim juga sama sih, tiap orang punya caranya masing2, kadang kita mungkin nggak ngerti kenapa mereka milih cara itu / melakukan hal itu, tapi selama tujuannya masih sama, dan yang dilakukan juga bener, yah sokk silahkeun..
Dan tiap cara itu pasti ada konsekuensi nya masing2, tergantung kita sendiri, seberapa berani kita memilih jalur extreme tapi cepat, atau kita memilih jalur aman tapi lama.. Konsekuensi itulah yang sering bikin kita ragu dalam mengambil keputusan :)

Setiap orang juga punya pemikiran masing2 tentang suatu hal, padahal pada intinya juga sama, hanya berbeda pola pikir saja.. Ada yang cepat tanggap, ada yang lambat :)

Conclusion
So, jangan merasa aneh kalo ada orang yang melakukan sesuatu hal yang beda dari pemikiran kita, justru kita harus membuka diri dan mencoba menganalisa, siapa tau aja memang cara dia lebih efektif dan efisien, jadi kita juga bisa belajar suatu hal yang baru toh :) Gw lebih prefer menyebutnya unik daripada aneh, karena unik itu terkesan lebih positif :)

Kalo kita juga mencoba sesuatu yang unik, terima kritik dan saran dari orang lain, karena mungkin hal yang kita lakukan itu bisa merugikan orang lain atau bahkan diri kita sendiri, dan kalo kita dapet masukan, siapa tau memang bisa diterapkan / digabung dengan ide kita sendiri :)

Be uniquely you, and open yourself to feedback, there's a lot to learn in this life in uniquely our way..


-----
Sekarang blog gw udah kerenan dikit loh :D Thanks to @viniakurniadi yang udah bikin design banner nya :) The banner is awesomeee.. Banner perdana PiSankGoBlog, mungkin bakal ada beberapa versi nih nantinya :)

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)