Sunday, November 13, 2011

Can We Survive?

Topik ini sebenarnya juga hal yang udah gw pertanyakan ke diri gw sendiri dari lama sih, tapi baru hari ini diomongin sama temen2 gw.. Suatu hal yang unik tentang BlackBerry..

Kita semua tau deh, di Indo semua lagi gila2nya pake gadget yang namanya BlackBerry, sangking gilanya, gw menemukan beberapa fakta yang unik dari para penggunanya *gw juga salah satu pengguna, tapi gw enggak sampe segitunya juga kayaqnya*

Waktu awal2 sebelum BB se-booming sekarang ini, gw sempet bilang kalo gw nggak bakal pake nih BB mo gimanapun situasinya, tapi akhirnya gw jilat ludah sendiri sih :P hahaha.. Dulunya, gw sampe bikin survei pribadi, dalam radius pandangan mata, minimum ada 2 orang yang lagi ngetik di BB sambil jalan di dalam mall.. Kalo sekarang mungkin minimum 15orang kali yeh *sangking ekstrim pertumbuhannya*.. Sekarang kalo liat di mall, gak cuma orang sambil jalan aja yang ngetik BB
Kemaren ini nemu satu video di youtube, yang bahas tentang perkembangan BB di Indonesia, padahal kalo di luar negeri, orang2 malah males pake nih BB..



Bayangin nih pengguna BB sampe segitunya, kayaqnya hanya 20% doank yang enggak memilih BB untuk jadi option nya..

Beberapa hal yang biasanya orang pengguna BB sering lakukan dari apa yang gw liat:
- Terlalu berpatokan sama BlackBerry Messenger
Walaupun udah se-urgent apapun, entah kenapa banyak yang koped a.k.a pelit buat nelpon bahkan SMS.. Sampe malah Ping! berkali2 apalagi kalo sinyal untuk BB udah drop -_-" Kalo sinyal BB nya lagi parah, udah deh, mulai ngedumel sana sini "duhhh nih orang mana sihh koq nggak bales2?? Buruann donkk, penting nihh".. Ada yang namanya fungsi hape tuh buat telpon dan SMS yang lebih cepat daripada BB kalo lagi gak ada sinyal, kadang nggak dimanfaatkan secara maksimal.. Mungkin budget pulsa bulanan udah keburu habis duluan buat beli paket BB service nya, trus gak ada pulsa lagi kali ye? :P No offense yah teman2..

- Selalu nanya "punya pinBB gak?"
Udah gak jaman lagi kayaqnya nanya nomer telpon, yang ditanya duluan pasti pinBB nya.. Ntar yang gak pake BB dibilang "ah gak gaul loe" *kayaqnya sih nggak mpe sgitunya juga lah yah, gw aja yang lebai hahaha*

- Cenderung melupakan teman2 yang gak pake BB
Biasanya kalo ada info2, share nya di group BB, sangking seringnya, kadang kalo ada ajakan mo pergi kemana atau apapun dibahas yah di BB doank, jadinya yang gak pake BB nggak tau deh infonya.. Bahkan kadang2 malah "memaksa" secara enggak langsung supaya orang pake BB supaya tetap terupdate *contohnya gw ini yang terpaksa pake BB :P*

-----
Waktu kemaren gw kehilangan BB *udah 2x, cukup 2x...*, gw merasakan betapa gw ketinggalan informasi tanpa nih gadget satu, terutama dalam urusan kerjaan.. Semua hal dibahas di BB, pas gw nggak pake BB, gw yah gak tau apa2, tau2nya entar cuma denger "kan kemaren udah dibahas di group".. (cerita hilangnya BB gw bisa dibaca di kejadian pertama dan kejadian kedua dari link nya)

Dan gw udah pake BB pun, sebenarnya gw jarang chat di BB kecuali kalo gw yang dipanggil duluan, atau emang gw lagi ada kepentingan dengan orang itu baru gw panggil *egois yah gw :P*.. Sampe hari ini tadi gw diledekin sama si @IanMartiono dan @auliamayasari, "tumben lu, lagi nganggur ye?" hahaha.. Sangking jarangnya gw manggil mereka, memang tadi gw lagi kepikiran aja buat manggil di BB, tau2nya dibilang kyq gitu, dan sempat bikin gw mikir, emang segitunya kah gw jarang memanggil orang di BB, dan setelah dipikir2 emang bener juga sih.. Then, ngapain gw pake BB kalo gitu?

Alasan pake Blackberry
Simple, supaya tetap terupdate and connected, baik tentang kerjaan, ataupun teman2 di sekitar.. Contact list gw bener2 sebatas orang2 yang gw kenal, dan itupun gw sangat jarang memanggil mereka.. Bukannya sombong, tapi gw lebih prefer ketemu langsung untuk ngobrol, dibanding lewat BB yang kadang2 bikin autis, kecuali yah kalo emang orangnya jauh :P Biasanya gw baru manggil kalo ada yang update status aneh2 dan unik.. Kalo inget dari quote nya: "Blackberry, keep far-away-people closer, and make people around us further / mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat"

Nih ada beberapa grup yang gw join, super jarang gw ngobrol di grup, bahkan di grup keluarga gw :P Biasa cuma baca doank dan cukup tau.. sekali2 nya nyeletuk, trus udah deh lewat hahaha..

Kenapa gw males? Karena gw jarang buka BB gw, paling pas uda kedip2 lama baru gw buka, toh gw set notif silent, biar gak berisik tuing2 terus, apalagi grup yang bawel, gw matiin notif nya :P Ditambah lagi, kalo pas gw udah reply, baru gw tinggal bentar, ternyata udah pada bahas ntah sampe mana, dan gw males scroll ke atas2 lagi, anggep aje dah udah basi, apalagi kalo grup nya yang super aktif ngoceh2 di sana..

So, buat temen2 gw, jangan heran yah kalo gw reply BB nya lama, cuz gw nggak pake notif, cuman modal kedap kedip merah doank, itupun kalo dah kedap kedip gak langsung dibaca, kadang malah gw balik hape nya supaya ga keliatan kedap kedipnya :P

Reaksi yang berbeda
Beberapa dari orang yang gw kenal, sampe pernah bilang pas BB nya rusak: "duh gw gak bisa hidup nih tanpa BB gw, cepetan donk sehat, atau apa gw beli baru aja yah?" Sangking bergantungnya sama informasi dari BB, sampe dibilang seperti itu..

Yang agak lucu, tadi gw sampe ditanya sama Aulia, wonder how you can live without BB.. Well, sebelumnya sih gw udah pernah bahas pas kehilangan taon lalu (baca disini).. Dan gw sendiri balik nanya, dulu sebelum ada BB, toh we still lived on, rite? Then, how did you live back then? Toh yang enggak pake BB juga masih aja survive in this world, ya gak teman2 yang gak pake BB? :)

Karena kita sudah terbiasa dengan mendapatkan informasi lewat BB, dan menghubungi orang lewat BB Messenger, kadang kita lupa dengan fitur tradisional yang lebih ampuh dan efisien..

Kalo emang situasi lagi penting, boleh lah yah pake yang namanya Call / Telepon, jangan terlalu berpaku sama tuh BBM, apalagi kalo pas lemot, gak perlu ping pang ping berkali2, malah bikin rusuh cuz kadang2 ada yang ping pang ping cuma untuk hal yang sebenarnya gak gitu penting, pake SMS gitu kek, biar lebih cepet nyampe pesannya ckck.. Toh kalo telpon kan lebih cepet, bisa dibahas langsung semuanya, daripada SMS kudu nunggu orangnya ngetik, belom lagi kalo SMS nya pending..

Memang dasarnya orang Indo lebih suka chat pake Text Message, mungkin karena lebih murah kali ye, dan bisa ngobrol panjang lebar.. Kemaren pas gw lagi training di Malaysia, gw liat orang di sana jarang yang texting, malah biasa langsung telpon aje, serasa pulsa tuh murah bener disitu ckckck.. Mungkin memang cuma culture di Indo aja kali ye, hemat pangkal kaya :D hahaha.. Sebisa mungkin irit pulsa hehe *gw juga gitu sih..*

-----
In short, setiap hal itu ada kebaikan dan keburukannya, tergantung keputusan kita bagaimana kita memanfaatkannya.. This is just a thought of mine, kalo ada yang menyinggung perasaan, mohon maaf lahir batin yah kawan2 :)

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)