Friday, December 2, 2011

Thanksgiving Thursday: Kesempatan

Seminggu absen dari post TT, berhubung kesibukan diri dan beberapa hal yang bikin galau setelah ikut Global Leadership Summit (GLS) *nantikan postnya yah, bakal dipost segera*, udah pengen sempetin diri buat nulis, tapi sangking banyaknya sampe bingung mau tulis tentang apa dulu -_-"

Minggu lalu juga absen gara2 bingung mau tulis tentang apa, kepikiran minggu ini mau tulis tentang GLS kemaren, tapi gw merasa ada hal yang lebih perlu gw syukuri, yaitu KESEMPATAN yang diberikan, dan KEPUTUSAN gw terhadap kesempatan yang ada..

Secara sadar atau tidak, kadang kita sering melewatkan kesempatan yang diberikan, ada yang diberikan secara jelas di depan mata, ada juga yang datang secara diam2 tanpa pemberitahuan dan disadari.. Sebenarnya setiap orang diberikan kesempatan untuk mengubah suatu kondisi, baik itu pribadi ataupun lingkungan sekitar, yang menjadi problema nya adalah keputusan yang kita ambil terhadap kesempatan itu..


Kadang Sering kita melihat suatu kesempatan, tapi kita ragu untuk melangkah, sehingga kita melewatkan kesempatan itu begitu saja.. Salah satunya yang gw alami sendiri, kemaren ini sempat tiba2 ditawarin sama Mom, dibeliin iPad! Gw sendiri nggak menyangka tiba2 Mom nawarin begitu, memang sih gw sendiri sempet nyeletuk pas nunjukin cara pake Galaxy Tab..

Ceritanya sih kemaren pas ultah bokap, kita para anak2nya sepakat beliin Galaxy Tab buat bokap, biar doi beralih canggihan dikit :P Bokap tuh bisa dibilang paling gaptek, males belajar untuk hal2 berbau teknologi.. Dan kita pikir, udah waktunya buat upgrade si Bokap, baca koran lewat Tab, dan bersyukur banget Bokap demen ama si Tab, setelah diajarin cara foto, buka aplikasi dsb nya :)

Setelah itu, pas siang2 gw yang iseng cobain *penasaran ama si Tab :P*, trus pas itu Mom minta gw cariin list harga penginapan di Berastagi.. Showing my skills in Googling and optimizing technology, sepertinya Mom terkesan :D Ajarin doi gimana caranya, sekarang kayaqnya doi makin canggih juga, cari resep masakan dari Tab :D

Selang beberapa hari dari itu, si cici tiba2 nawarin, ada Tab harga miring, mau beli gak.. Polosnya gw bilang sih kaga ada duit :P eh tiba2 dibilang, Mom mau jadi donatur *kaget*.. Gimana gak kaget, barusan cerita2 koq tau2 udah mo dibeliin aje.. Diingetin ama si cici n Mom, pilih iPad atau Tab.. Makanya kmaren itu sempet galau mikir iPad / Tab.. Langsung mikir, mending iPad deh, trus Mom suru cari harganya.. Udah niat bett gw nyari harga, sampe cari2 tau.. Tinggal beli nih, gw renungin lagi, Do I really need this?


Akhirnya, setelah dipikir panjang, akhirnya iPad itupun gw tolak *emang goblog kowe sang.. kesempatan koq ditolak ckckck..* Kenapa gw tolak? Somehow, memang gw pengen beli iPad, tapi gw nggak mau lagi repotin nyokap gw.. Sudah terlalu banyak hal yang berkaitan dengan finance *tunggu ceritanya yah, soon to publish :)*, dan gw merasa sudah cukup deh.. Sudah waktunya tunjukkin, I am able to fulfill my needs on my own.. Mungkin yang terlihat adalah gw MELEWATKAN KESEMPATAN untuk mendapatkan apa yang gw inginkan, tapi yang gw rasakan adalah gw MEMANFAATKAN KESEMPATAN ini untuk membuktikan komitmen gw terhadap diri gw sendiri..

Dalam hal lain, gw mengambil contoh sederhana aja deh, Jaga Kebersihan.. Kemaren ini gw pergi sama rekan tim gw jadi kolektor, pas di tengah perjalanan gitu, dia makan permen, en sampahnya dibuang begitu aja lewat jendela mobil.. Reflek gw langsung teriakin aje suruh tutup kaca sebelum dia buang tuh sampah.. Pas gw tanya, kenapa malah nambahin sampah di jalanan, gampangnya dia bilang, "toh yang lain juga buang kan?".. Bayangin, 10 orang berpikiran kayaq begitu, bukankah jalanan adanya makin kotor?? Begitu juga sebaliknya, kalo ada 10 orang yang sadar akan kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, bukankah akan menjadikan lingkungan kita bersih?? Choice is yours!

Setiap hal itu punya perspektif masing2, tergantung bagaimana kita melihat suatu situasi itu sebagai kesempatan yang berbeda.. #seeDifferently

Setiap kita masing2 mendapatkan kesempatan yang sama, yang menjadikannya berbeda adalah keputusan yang kita ambil terhadap kesempatan yang diberikan.. If you want to change something, start from yourself!

Thank God for giving wise friends around me, who keep on suggesting and reminding me in taking wise decisions for myself :)

-----

Buat yang demen nulis blog, notes di Facebook atau apapun yang kalian tulis online, ikutan yukk sama program Thanksgiving Thursday, ceritain hal apa yang membuat lu bersyukur yang mungkin tidak disadari sama teman2 yang lain :) Baca juga yah tulisan teman2 yang lain untuk minggu ini lewat link ini..

Have a blessed day!

10 comments:

  1. Angkat jempol deh untuk yang berani nolak iPad! :)

    ReplyDelete
  2. Makasih :) Sebenarnya agak gimana juga sih rasanya nolak si iPad, ibaratnya ikan dah depan mata kucing, tapi cuma diilerin gara2 si kucing lagi puasa :D hahaha

    ReplyDelete
  3. cie, yang abis nolak Ipad lohhhhh..

    terus lah menggunakan kebijaksaan dari Tuhan dalam mengambil keputusan ya..

    ReplyDelete
  4. nolakk IPAD mbok... hahaha mantaps! nice blog.. keep move on..

    ReplyDelete
  5. hahaha.. kyqnya nolak iPad itu yang jadi hal yang patut disyukuri yak :P hehe..

    amenn.. ada satu langkah besar yang sedang digumulkan, menanti keputusan besar yang akan diambil :D

    ReplyDelete
  6. wuihh.. pak LeeMin mampir ke blog ane :) Feel honored! Thanks brader :)

    ReplyDelete
  7. yang disyukuri adalah ada hikmat dibalik mengambil keputusan menolak IPAD, karena bukan kebutuhan

    keputusan besar ? waw..
    andalkan Dia, karena Tuhan lebih besar dari apapun..

    ReplyDelete
  8. yoi.. emang hikmatnya mantep hehe..

    yup.. langkah besar ini mungkin akan jadi keputusan penting dalam hidup gw hehe :) thanks for the encouragement 

    ReplyDelete
  9. hohoohho ketemu blog u win.. gilaaa ditolak ipad nya sini kasi gua aja :p

    ReplyDelete
  10. wah, hebat juga bisa nemu blog gw hahha.. nemu dimana? :D

    beh, enak aja kasi elo, gw juga mauu :P 

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)