Wednesday, May 30, 2012

Stay Hungry, Stay Foolish

Quote yang satu ini sudah enggak asing lagi kita dengar, kata yang disampaikan oleh salah satu orang yang berpengaruh dalam perubahan dunia teknologi, orang yang kreatif dengan berbagai kontroversi yang pernah dihadapinya. Stay hungry, stay foolish. Kalimat yang hanya terdiri dari 4 kata ini mempunyai makna yang sangat dalam, membangun, dan memberikan semangat kepada orang yang menangkap arti dari kalimat ini.

*penjelasan selanjutnya merupakan pendapat pribadi, silahkan menambahkan jika merasa ada yang kurang tepat*

Agak basi sebenarnya gw sampe hari ini baru mulai bahas tentang quote super ini, tapi gak ada salahnya toh gw ninggalin seberkas coretan buat blog gw :D *basa basi busuk doank.. lewatkan..*

Stay hungry
Di saat kita lapar, kita akan terus mencari makanan dan makan semampu kita sampai kita merasa kenyang.. Di saat kita sudah kenyang, biasanya kita nunggu sampe waktunya lapar lagi baru kita makan lagi toh? Gak mungkin kalo kita sudah kenyang, kita paksain terus makan, bisa2 malah kita muntahin keluar tuh makanan semua..

Konteks lapar disini bisa kita gunakan untuk banyak hal, tapi gw kali ini ambil dalam konteks lapar informasi.. Menurut gw, kita tidak boleh ketinggalan informasi, karena ada banyak peluang yang bisa kita dapatkan ketika kita mendapatkan informasi.. Kalo pada baca komik Naruto, di situ diceritain tentang dunia ninja, dan betapa pentingnya bagi masing2 negara untuk mendapatkan informasi lebih dahulu mengenai apa yang akan mereka hadapi, makanya mereka punya tim Spy / Mata-mata untuk mencuri informasi dari pihak lain.. Pas mereka bertarung pun, mereka harus punya informasi tentang lawan mereka, apa saja jurus2nya, apa keahliannya, supaya bisa tau caranya untuk menang melawan musuh..

Nah, untuk informasi seperti itu, kita juga sebenarnya secara tidak kita sadari, kita selalu mencari informasi dari setiap orang setiap harinya.. Contoh sederhana, pas melamar pekerjaan *udah ngeh belom?*.. Tiap kali kita melamar ke suatu tempat kerja, kita pasti cari tau dulu alamatnya dimana, lowongan yang ada untuk posisi apa aja, bagaimana culture company itu, apa business-aim company itu, dan segala macam lainnya dah.. Dan tentunya semua informasi itu kita perlukan, kalo kita enggak tau alamatnya dimana, gimana kita bisa kesana untuk interview dan kirim lamaran? Kalo kita enggak tau background company seperti apa, gimana kita bisa tau project aim kita nantinya apa, dan apa yang bisa kita kontribusikan ke perusahaan itu?

Kita harus tetap lapar untuk mencari informasi mengenai perkembangan yang ada di sekitar kita, baik itu tentang bisnis, rekan kerja, sahabat kita, bahkan keluarga kita.. Istilahnya live in keponess :D Menjadi orang kepo itu sudah pasti ada dua konteks:
positifnya: kita bisa tau banyak tentang apa saja yang sedang terjadi di sekitar kita, dan kita bisa aware tentang hal itu kalo2 terjadi dengan kita nantinya..
negatifnya: inilah si bigos *read: biang gosip* paling sakti di jagad raya hahaha yang bahkan bakal membahas tentang tetangga yang sedang selingkuh, kucing tetangga melahirkan, sampe kejadian matahari mau ada dua!
Biasanya sih langsung masuk dalam konteks kepo negatif sih hahaha.. Biasa lah, kalo gak kepo, gak ada bahan obrolan :P

Stay foolish
Ini hal yang paling penting, yang kadang sulit kita bisa terima.. Bagi gw, semua orang di dunia ini diawali dari kebodohan dimana kita enggak tau apa2 tentang dunia ini.. Kita bisa semakin pintar, karena kita sudah mengenal dan mengetahui suatu hal, tapi jangan sampe kita salah mengerti hal itu jadinya pinter2an *seperti blog ini.. pinter2an nerjemahin, tapi berdasarkan apa yang gw alami sihh :P*

Sama konteksnya seperti lapar, kalo kita merasa kita sudah pintar, kita akan merasa yang paling tau tentang hal yang kita ketahui, dan kita tidak akan bisa menerima masukan / pandangan baru dari orang lain, yang mungkin saja bisa jadi pengetahuan tambahan buat kita..

Jadi, kalo ada orang yang bilang kita bodoh, jangan terlalu masukin ke hati, terutama untuk hal yang memang kita belum ketahui.. Awalnya memang kita bodoh, tapi semakin kita tau, kita juga akan semakin pinter toh? Bisa jadi mungkin nantinya kita lebih tau tentang hal itu dibandingkan dengan orang yang bilang kita bodoh di awal kita bertanya ke dia :)

Janganlah kita merasa diri kita pintar.. Gw selalu inget dengan quote yang satu ini "di atas langit masih ada langit yang lebih tinggi" so, jangan sombong kalo baru tau seuprit tentang sesuatu, tapi belajar dari ilmu padi, makin berisi makin merunduk..
Jangan malu untuk bertanya kalo kita enggak tau, yah kadang memang sih ada orang rese yang bilang kita bego kalo kita enggak tau, lebih rese lagi, orang itu udah ngomong gitu, tapi enggak ngasih penjelasan apapun, tapi jangan diambil hati.. Tetaplah cari tau dari orang yang mau menjelaskan hal itu, dan kita juga enggak boleh pelit pengetahuan.. Share it with others, siapa tau mereka bisa memberikan tambahan yang bisa jadi pengetahuan tambahan buat kita..

Seperti nama di blog ini, akhirnya gw ngeh kenapa gw tulis dengan nama Pisank Go-Blog.. Karena gw masih goblog, dan akan tetap GoBlog, sehingga gw akan terus mencari tau dan mempelajari apa yang belum gw ketahui, dan pada saat bersamaan, gw share juga di catatan Pisank Go-Blog ini, supaya kalian semua bisa tau juga, dan sadar kalo kalian semua masih goblog *hahahaha.. peace mameenn*

---
Teruslah mencari informasi, dan teruslah belajar untuk mengerti hal yang belum kita ketahui.. Hidup kita bukan hanya belajar di masa sekolah SD, SMP dan SMA, tapi kita terus belajar dalam sekolah kehidupan kita.. So, Don't stop learning, for there's something great always awaits in front of us :)
This is what I learnt out from that superb quote..
What do you get?

3 comments:

  1. Yeah... this quote fits your blog. Stay hungry so you will always want Pisank. Stay foolish and you will always remember this GoBlog's blog. Maybe you'll one day own a Psank Company that beats Apple Corp.
    \ ^ v ^ /

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)