Saturday, May 19, 2012

Train Your Life - The Third Lesson

Akhirnya sampai juga ke part terakhir dari trilogy lesson dari kejadian yang kurang menyenangkan *oh, finally I finished this post..* Setelah apa yang gw pelajari di pelajaran pertama dan kedua, di bagian terakhir bisa dibilang bagian kesimpulan dari semua yang dipelajari, termasuk pelajaran ketiga yang gw dapatkan..

Pembelajaran ketiga - biasakan diri dengan hal positif
Hal ketiga ini gw pelajari dari bagian dimana gw bisa terkunci di luar rumah karena gw pulangnya 'kepagian', sampe gak enak hati juga buat bangunin orang rumah, dan untungnya ada mobil, jadi bisa tidur di mobil.. FYI, ini bukan pertama kalinya loh :P

Waktu kemaren ke Jakarta juga terkunci di luar gara2 pulang nonton midnite, baru sampe rumah jam setengah 4 pagi *ow yeah! :D* dan gw lupa kalo kunci yang gw bawa enggak ada kunci gembok nya -_-" Alhasil, tidur di mobil deh, ditemani oleh nyamuk2 nakal yang memangsa gw sampe jam 6 pagi baru akhirnya gw masuk ke rumah..

Salah orang rumah kah? Tentu saja bukan.. Walaupun gw udah kabarin ke orang rumah, bisa aja mereka lupa dan tetap mengunci pintu, apalagi gw hanya numpang tinggal disitu.. Sudah pasti ini kesalahan gw sendiri, ngapain gw selalu pulang kemaleman / 'kepagian' *kepagian, karena gw udah lewat jam 24.00, kan hitungannya udah pagi :P*, padahal udah tau numpang lagi ckck..

What did I learn?
Semua ini karena gw terbiasa untuk pulang diatas jam 10.. Kadang gw kalo pulang jam 8 dan sudah ada di rumah, karena gw orangnya hiperaktif, gw sering bosan di rumah, dan kadang malah bingung mau ngapain, kebanyakan malesnya, bahkan tidur pun males :P, paling parahnya, mencari yang 'tidak-tidak' *confession..*

Tapi, ini bukan kebiasaan yang baik.. Dalam hal ini, gw lagi mencoba untuk reset kebiasaan2 buruk gw, dan mencoba diganti dengan kebiasaan baru yang positif..
Belakangan ini, gw lebih prefer banyakan di rumah, walo masih bingung mo ngapain.. Yah karena satu dan lain hal juga sih, selain menghemat pengeluaran, juga membagi waktu buat orang terdekat yang nun jauh :P *kena complain hehe..*, dan hal lainnya supaya gw bisa beristirahat secara fisik, tapi kadang pikirannya ogah masuk pitstop, jadi yah mencoba menenangkan diri juga :D

Semua kebiasaan ini bisa dimulai dari hal2 kecil, sehingga nantinya kalo sudah terbiasa, kita juga mudah melakukan sesuatu.. Practice makes perfect..

Conclusion
Kejadian2 yang terjadi dalam keseharian kita, selalu ada pelajaran yang bisa kita dapatkan untuk memperluas kapasitas kita.. Memang, kadang kita ngedumel dan kesal dengan situasi itu, tapi cobalah untuk melatih diri dalam melihat suatu masalah dari perspektif lain.. Kalau kita terbatas dalam perspektif kita yang negatif, maka kita akan sulit untuk keluar dari lingkaran pikiran yang negatif juga..

Banyak latihan untuk diri kita yang perlu kita kuasai, baik untuk latihan fisik, maupun latihan mental.. Setiap saat selalu saja ada masalah yang timbul dalam kehidupan kita, bukan untuk menyulitkan kita, tapi justru mematangkan diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.. Satu hal yang selalu gw ingat dari suatu quote yang pernah gw baca, janganlah kita berdoa untuk masalah yang mudah, tapi berdoalah supaya kita dikuatkan dan dimampukan untuk menghadapi segala masalah yang ada di hadapan kita.

Latih dirimu dari sekarang, supaya kita siap menghadapi masalah2 yang akan datang..
Semoga pelajaran2 yang gw dapat dari masalah gw, bisa memberikan perspektif baru buat kalian.. Ngutip kata2 bung Yones Tanaka dan Andrean Arnoldy: #Let'sGrowTogether :)

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)