Tuesday, May 8, 2012

Train Your Life - The Issues

*inspired on a time when I got into several matters happened in a day*

Hari ini (05/07) sungguh banyak hal yang terjadi, mulai dari rasa cape, kejadian tak terduga, sampai akhirnya gw merenungkan semua itu di dalam mobil.. Ceritanya lumayan panjang, jadi gw bagi jadi 2 bagian, di bagian pertama ini gw ceritain apa yang jadi kepenatan hari ini..

Rasa cape itu datang karena kesalahan gw, tidak beristirahat yang cukup pada hari2 sebelumnya, sementara gw udah tau kalo pagi ini gw bakal ada trip ke luar kota, menemani partners dari Malaysia untuk survey area PKS untuk proyek CPO Monitoring ke depannya.. Perjalanannya sendiri lumayan ajaib, dari prediksi awal perjalanan membutuhkan waktu 4jam dari Medan ke tempat tujuan, akhirnya kami malah menghabiskan waktu 7jam perjalanan, karena kesalahan komunikasi antara gw dengan orang lapangan yang bakal kami temui..

Padahal gw enggak menyetir sama sekali, thanks to Bro Ridwan yang sudah menyetir selama perjalanan pergi dan pulang, tapi badan ini rasanya cape beutt dah.. Harusnya sih lebih cape lagi partners dari Malaysia, Daniel & aTeo, mereka baru nyampe Medan pagi jam 7.40, jam 9 dah ikut cabcus berangkat ke tempat survey, yang mana jalanannya lumayan aduhai ratanya, sampe kita berasa naik kuda pas lewatin jalurnya, maklum, masuk ke pelosok sampe nyasar jauh *my bad..* perjalanan pulang akhirnya sampai di Medan jam 10 lewat.

Sampe di Medan, ngambil mobil kantor yang dititipin karena tadi berangkat naik mobil sewaan, anterin Daniel dan aTeo ke penginapan sambil ngurus semua kebutuhan mereka. Gak lama dari situ, dapet telepon dari cici CH, minta tolong dijemput karena mobilnya mogok lagi.. Yah gw mikir toh searah pulang ya wis lah sekalian deh gw jemput..

Udah jemput dan anterin si cici smape depan rumah dia, eehh taunya kunci rumah dia ketinggalan di mobil dia -_-" *penyakit orang kaya, suka lupa :P* setengah kesel *masih setengah..*, karena cape dan mesti bolak balik lagi, terpaksa balik lagi ke mall tempat gw jemput dia tadi.. Pas mau nyebrang masuk ke pintu masuk, tiba2 mobil gw ditabrak dari samping belakang sama supir angkot x_x pas mantap dah keselnya, mentok to the max..

Memang pertigaan arah ke mall itu agak sadis terutama malam hari, dimana lampu merah sering diabaikan dan diterobos seenaknya.. Kronologisnya, posisi dari arah gw barusan lampu hijau, jadi gw nyebrang masuk perlahan, cuz gw liat ada beberapa motor dah ngebut dari jauh, sementara si angkot ini jalan pelan.. Habis tuh motor lewat, gw pun nyebrang masuk, tiba2 deh bagian pantat mobil ketabrak, pas gw liat dari kaca, ditabrak sama si angkot, bahkan dia ngejepit 1 sepeda motor di tengah2.. Si cici duluan turun, liat kondisi mobil dari luar, sementara gw masih coba menenangkan diri, sebelum meledak emosi gw, sambil liatin si supir angkot nih bakal kabur gak, siap2 aje gw kejer kalo dia kabur.

Ternyata dia enggak kabur, malah ngedorong mobilnya ke kiri karena mobilnya mogok *mungkin kalo enggak mogok, udah kabur duluan*, baru deh gw turun dari mobil liat kondisi mobil kayaq gimana.. Si pengendara motor langsung jalan dengan kaki terpincang2 karena kejepit, sadar dia juga nerobos lampu merah, jadi langsung cabcus..
Abis gw pinggirin mobil, si supir angkot nyamperin gw, minta maaf tapi sambil nuduh gw, lampu merah koq nyebrang *what the..!?* tanpa basa basi busuk, gw omelin balik, kalo gw bego liat warna lampu, gw kaga bakal nyetir, dan gw gak bakal lewat juga kalo tuh lampu merah!! Mikir gak loe pake otak loe? Bersyukur ada abang2 tukang becak dan security Paladium mall yang liat kejadian itu, bersaksi kalo memang si supir angkot yang nerobos lampu merah, tapi ada juga yang gw sesali dari dukungan mereka..
Mungkin kaget liat gw marah, langsung balik minta maaf, ngaku salah, sambil coba ngerangkul gw.. Pas itu, berasa bau tuak, arak khas orang Batak, langsung gw tau, nih supir mabok, kutu kupret emang -_-" minta maaf pake gaya orang bilang makasih ke shifu ala kungfu jaman dulu pula, makin bikin emosi..
Males gw gubris, daripada gw caci maki gak jelas malah makin parah, gw serahin aja ke cici CH, wong auditor di kantor, dan udah biasa tegas, let her do her job.. Gw dari awal dah mikir, nih ujung2nya uda pasti susah mo ganti rugi, bukannya ngeremehin, tapi kalkulasi bego aja dah, tiap orang naik angkot bayar 3ribu, sehari kalo dia jago bisa dapet 50 orang, baru juga 150ribu, sementara benerin tuh bemper lecet + bagian atas bemper kiri gw penyok dikit kurang lebih 500ribu++ karena setau gw mobil kantor ini engga diasuransiin.. But then, this guy should be taught a lesson!

Liat niat baik si supir angkot mau bayar biaya perbaikannya dan dari cara bicaranya, kita pun bermaksud damai di tempat, IMO, he needs to pay at least 200k as his responsibility for recklessly driving.. Awalnya, Leo, nama supir ini, mau bayar ganti rugi, tapi dia cuma ada duit 30ribu.. Inacceptable, dia bermaksud membayarnya besok, dan kita juga tidak mempermasalahkan itu, hanya saja kita butuh jaminan.. Mo minta STNK, SIM dan KTP dia, katanya gak punya semuanya *what the..!?* Ironis, tapi beginilah kenyataannya di Indonesia.. Berharap para bos angkot membaca post ini, tolong disortir dengan baik para calon driver angkot, dan berikan mereka sistem setoran yang masuk akal dan tidak mencekik, supaya mereka bisa berkendara dengan baik, untuk kebaikan mereka dan juga untuk pengguna jalan lainnya..

Bolak balik dia telepon ke bosnya, tapi si bosnya seolah buang badan, gak mau tau.. Jadinya yah balikin ke si Leo, seberapa yang dia sanggup.. Menunggu angka yang bisa disebutkan yang bisa dibayar, si security yang menyebutkan angkanya, bisa jadi kena sekitar 1,5juta nih.. Si supir angkot panik, gw sendiri kaget, si cici ya wis nggeh nurut aja, lumayan juga toh kalo memang bisa diganti segitu, gak taunya si supir angkot menyetujuinya, dan bilang kalo dia sanggup, ada kakaknya yang bisa membayar ganti rugi itu.. Lucunya, dia malah nawarin, gimana kalo bilangnya 2juta, nanti 500ribu dibagi ke dia buat perbaikan mobil angkot dia *tepok jidat*.. Yang lebih tepok jidat lagi, pas gw lagi ngomong ama si cici, disamperin sama si security ini, ngingetin kita kalo entar tuh duit beneran segitu, jangan lupa 'bagian' dia x_x *inilah yang gw sesalkan tadi*

Si Leo bilang mau pergi ke rumah kakaknya buat ngambil duit itu, tapi cici CH gak ijinin dia buat tinggalin TKP, karena bisa aja dia kabur dari situ. Saran dari cici, minta dia hubungi mereka lewat ponsel dan minta mereka datang ke TKP, tapi dia bilang kalo dia enggak ada nomer mereka.. Nunggu lama, sampe akhirnya adik si cici datang, baru kita semua sepakat kesana, setelah memastikan berulangkali ke Leo, setelah kita sampai disana, semua ini akan diselesaikan dan kita menerima ganti rugi yang disepakati..

Sesampainya kita disana, gw merasa sungkan, mengganggu di tengah malam, ditambah lagi si ibu lagi kurang enak badan.. Pas disana, we figured out that this guy is really a troublemaker, pihak keluarga udah sering banget direpotin sama dia, bahkan dia dengan istri dan anaknya sendiripun kehidupan berkeluarganya kurang harmonis. Feels so pity with this guy, but he needs a lesson.. Pada akhirnya, kita dapet ganti ruginya, bukan sejumlah 2juta, tapi yang sewajarnya untuk perbaikan itu saja, 350ribu.. Beradu argumen dari jam 11 sampe jam 2 pagi baru akhirnya gw sampe rumah..

Dan, belum habis sampe disitu.. Sampe di rumah, nyaris susah meminta si satpam untuk bukain pagar kompleks, karena mereka dah ketiduran.. Dan lagi, sampe di rumah cici, pintu depannya terkunci! *ding dong..* Perfect night! A tiring trip, got accident hit by angkot, and locked outside.. Gak ada pilihan lain, tidur deh di mobil, itu juga masih susah tidur gara2 kepanasan dan nyamuk, akhirnya gw berpikir duduk di pinggir kolam, sambil nulis cerita ini.. Sampe jam 6, akhirnya gw bisa masuk ke dalam rumah juga setelah pembantunya bangun dan bukain pintu..
Well, for this one, memang salah gw juga sih, udah numpang tinggal, sering pulang malem.. Dan gw juga jarang kasih tau gw pulang jam berapa.. So, this is something that I earn by my actions, my decisions..

And that ends the issues of that Monday trip.. Ini baru pembukaan ceritanya, masih ada part 2 nya, dimana gw akan menceritakan apa yang menjadi pelajaran buat gw dari semua ini.. Jarang2 cerita curhat, but this is just the opening story.. Just wait for the lessons on upcoming post :)

---
update, ini link yang gw masukin untuk lesson-learned nya.. Sangking banyak sampe gw jadiin tiga part juga :D Enjoy :)
First Lesson | Second Lesson | Third Lesson

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)