Friday, January 27, 2012

Wahai Para Perokok...

Didedikasikan khusus kepada teman-teman perokok yang ada di luar sana.

Beberapa hari yang lalu, pas lagi browsing mencari inspirasi cerita buat blog, ada temen yang share satu video yang super miris mengenai kehidupan masyarakat Indonesia, mengingat kondisi perekonomian negara yang masih belum sejahtera sepenuhnya. Gw juga merasa kalau tingkat perokok di sekitar gw makin banyak, dan dari video yang gw tonton dan hal yang gw lihat sendiri, memang rokok mulai merambah ke anak2 di bawah umur.


Video nya lumayan panjang, sambil nunggu buffer dan nonton entaran, gw mo bagi beberapa pemikiran dari apa yang sudah gw survey dari orang2 perokok di sekitar gw..

Gw menyetujui banyak hal yang dibahas dalam video tersebut, khususnya untuk daerah2 di Indonesia. Bisa dibilang, masih banyak daerah di Indonesia yang masih belum sejahtera, bahkan jauh dari yang namanya sejahtera.. Kemiskinan masih banyak di daerah pinggiran kota, tapi herannya, gw lebih sering melihat banyak perokok berat di daerah pinggiran.. Bayangin, untuk kebutuhan sehari2 aja sebenarnya udah pas2an, tapi kenapa koq masih bisa ada duit buat beli rokok?

Sharing..
Sangking penasarannya, gw coba tanya2 ke rekan kerja di kantor yang perokok, dan gw malah mendapatkan jawaban yang cukup mengejutkan buat gw pribadi.. Mereka lebih memilih puasa makan dibanding puasa rokok.. Heran, kenapa mereka bisa memilih itu yak? Katanya sih, kalo lagi ngerokok, bisa bikin perasaan lebih tenang.. Gak heran, tiap kali gw maen Winning Eleven (game bola) ama temen gw yang ngerokok, kalo mereka dah menuju kalah, siap2 deh sebat (sebatang).. Ujung2nya gw yang kalah gara2 gak tahan ama asap rokok..

Paling parah pas gw lagi di Jakarta, ada satu karyawan kantor, dimana Bos memberikan gaji yang menurut gw sangat pas2an buat si teknisi ini, dan gw hitung2, sebagian dari uangnya bakal habis di transport perjalanan dia dari rumah ke kantor + sewa rumah kontrakan karena dia sudah berkeluarga.. Tapi saktinya, tiap hari ada aja rokok yang dibeli, ditambah lagi dia ngerokok di dalam kantor, sering bikin orang sesak napas buat yang bukan perokok.. Bayangkan kalo 3orang sekaligus ngerokok di dalam ruangan, siap2 beli tabung oksigen dah di kantor.. Tiap hari kalo lagi ngobrol, ceritanya pasti seputar kebingungan gimana dia menghidupi istrinya..

Setelah gw tanya2, ternyata sehari itu dia menghabiskan sebungkus rokok, dimana harga per bungkusnya 12ribu.. Gw ajak hitung2an aja ama dia, berapa kira2 pengeluaran dia sebulan cuma buat beli rokok aja kurang lebih 360ribu kalo emang bener sehari sebungkus.. Dia mengiyakan hal ini, tapi dia juga merasa enggak nyaman kalo enggak merokok dalam sehari, karena sudah ada perasaan ketergantungan secara tidak langsung dari efek samping merokok itu, perasaan tenang sesaat yang diberikan dari rokok membuat dia merasa gelisah kalo enggak merokok di kala ada suatu hal yang sedang digumulkannya..

Lalu, karena gw udah greget, daripada gw yang tewas di kantor hisap tuh asap rokok tiap hari, gw tantang dia untuk berhenti ngerokok pas jam kerja.. Kalo dia bisa tahan gak ngerokok selama di kantor (08:00 - 17:00), uang harian nya gw tambahin 10ribu per hari untuk dua minggu pertama, dan tambah 10ribu lagi untuk dua minggu berikutnya dst, kalo gagal ya ulang hitung 10ribu dari awal.. Kalo berhasil dalam dua minggu, gw traktir makan siang..

Tung itung, gw bakal bokek juga sih kalo emang dia sukses, ditambah lagi itu pas masa2 dimana gw lagi dalam masa perjuangan membenahi keuangan gw (baca disini) tapi demi kesehatan gw juga, mending gw keluar segitu, daripada entar gw harus berujung di meja operasi :P Nah, kalo dia pas jam makan siang, dia keluar dan ngerokok, kan gak tau juga? Itu udah urusan dia ama Tuhan deh, gw percaya aja ama kejujuran dia, toh buat kebaikan dia sendiri..

Sudah pasti lebih banyak benefit buat dia, dengan perhitungan, dia bisa membatasi rokok yang sehari sebungkus / 12 batang, jadi setengahnya.. Lumayan kan kalo sebulan bisa kurangi setengah nya, belum lagi dapet tambahan 10ribu per hari * 26 hari kerja..

Pas hari pertama dan hari kedua, liatin dia nahan gak ngerokok tuh gelisah banget dah orangnya, dah kayaq cacing disiram garam.. Dia sampe bilang bibirnya pecah2 cuma gara2 gak ngerokok seharian itu -_-" Hari keduanya sempat nyerah, gw beliin aje permen sebungkus buat sekalian cemilan kantor, gak taunya tuh permen gak bertahan lama, 2hari habis..

Bagusnya, setelah itu dia mulai terbiasa, dan berhasil lolos dua minggu pertama, masuk 2 hari minggu kedua, gak kuat juga dia, akhirnya ngerokok juga, itupun cuma sebatang pas siangnya..
Sekarang ini gak tau deh dia masih mempertahankan gak rokok di siang hari atau gak.. Mudah2an sih masih dilanjutkan yah bro walau reward dari gw udah gak ada lagi..

Sadarkan dirimu!
Wahai para perokok yang sedang mengalami kesulitan keuangan, mulailah menyadari hal ini.. Banyak keuntungan buat kalian kalau kalian bisa mengurangi / berhenti merokok.. Sering terdengar kalian stress mengenai keuangan, tapi di lain sisi, kalian tidak pernah stress untuk membeli sebungkus  rokok ataupun lebih setiap harinya..

Keuntungan utama pastinya adalah kesehatan kalian sendiri terjaga.. Ketahuilah, merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, kalian sendiri juga sudah sering mendengar / membaca peringatan ini.. Mungkin memang rokok memberikan ketenangan sesaat kepada para penggunanya, tapi juga memberikan efek samping yang mematikan dalam jangka panjang..

Di samping itu, secara keuangan juga kalian lebih tertolong.. Ingat kembali ilustrasi hitungan yang gw buat diatas, kalau memang sedang kesulitan keuangan, memangkas penggunaan rokok juga membantu menjaga kondisi keuangan kalian. Jangan terlena dengan ketenangan sesaat yang ditawarkan, lihatlah secara jangka panjangnya.. Bayangkan kalau kalian bisa menahan diri dalam setahun, bisa menghemat 12 * 360,000 = 4,320,000.. Udah bisa dijadikan modal kecil untuk memulai suatu bisnis kecil toh :) Ini baru hitungan untuk per bungkusnya, bayangkan kalo kalian yang dua bungkus sehari, sudah dapat savings 2x lipat dari angka diatas, bukankah itu sangat membantu kondisi keuangan kalian toh?

Kalaupun kalian sudah telanjur merokok dan sedang dalam tahap mencoba berhenti, hormatilah mereka yang ada di sekitar kalian.. Sadarlah bahwa tidak semua orang menyukai rokok seperti kalian, terutama asapnya.. Sempatkanlah dirimu membaca artikel mengenai betapa bahayanya menjadi seorang perokok pasif, bukan malah meminta mereka ikut merokok..
Saya yakin semua perokok itu merupakan insan yang waras dan memiliki hati nurani, terutama Anda yang sudah berkeluarga, pikirkanlah kesehatan buah hati kesayangan Anda..

Bayangkan, ada kurang lebih 600,000 orang yang meninggal setiap tahunnya, hanya dikarenakan mereka adalah perokok pasif (Sumber: Kompas).. Help your society and surroundings..
Dalam video di atas, di bagian terakhirnya ada keluhan dari para pekerja yang bekerja di industri tembakau ini, memang agak miris, industri ini memberikan lapangan pekerjaan yang luas, tetapi dalam waktu yang sama juga secara tidak langsung membunuh jutaan orang lewat efek sampingnya..

Rokok mungkin tidak mempunyai kandungan adiktif di dalamnya, tapi kandungan penenang di dalamnya secara psikologis membuat rokok itu secara tidak langsung menjadi ketergantungan bagi para penggunanya..

Bagi yang mau berhenti merokok, cobalah berhenti perlahan2, kurangi jumlah rokok setiap harinya, sampai benar2 kuat untuk berhenti secara total.. Sangat sulit jika kalian ingin langsung berhenti total, yang ada malah kemungkinan kalian menjadi lebih parah dibandingkan sebelumnya jika memaksakan diri untuk langsung berhenti.. Baca keuntungan berhenti merokok yang gw dapatkan dari Kompas Health disini..

Ingatlah, rokok hanya memberikan KETENANGAN SESAAT, tapi memiliki BAHAYA KESEHATAN JANGKA PANJANG.. Sadarlah akan hal ini, Sobat!

Save yourselves, let's create a healthy life on our environments..

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)