Thursday, January 12, 2012

Thanksgiving Thursday: Heart of Teaching

Sempet bingung minggu ini mo tulis tentang apa untuk Thanksgiving Thursday minggu ini, lagi duduk diam sambil mikir dan merenungkan beberapa hal mengenai pekerjaan sukarela dan hal lainnya, gw tiba2 teringat sesuatu hal yang pernah gw lakukan, dan gw bangga dengan hasilnya.. Bukan berarti gw mau pamer, tapi gw cuma pengen share karena gw mensyukuri gw bisa melakukan hal itu pada saat itu :)

Ngomong2 tentang pekerjaan sukarela, waktu gw di Jakarta kemaren pernah menyempatkan waktu gw buat ngajarin les Inggris ke salah satu teman komsel gw, sesama pekerja dalam pelayanan di SLYC, seorang usher yang hebat bernama @nicolesjafei.. Waktu itu dia pernah minta ke gw buat ajarin dia English, karena waktu itu dia sempat bermasalah dengan nilainya, dan juga itu akan mempengaruhi ujiannya, karena dia juga bakal persiapan untuk UN untuk tingkat SMP, sementara waktunya tinggal kurang lebih 3bulanan lagi..

Awalnya gw sempet bingung, kapan gw bisa ajarin dia, karena weekdays sudah pasti gak bisa, gw kerja dan kalopun mau ngajarin malem, gw nya juga takut rempong kecapean buat kerjaan besok.. In the end, gw mengiyakan, dan gw cuma bisa ngajar di Sabtu siang selama 2jam doang, itupun gw pikir sekalian deh sebelum ikut kebaktian SLYC yang diadain tiap Sabtu jam 5.. Dari awalnya dia udah bilang kalo kemungkinan besar gak ada fee buat ngajarnya, cuz dia lagi kesulitan juga.. Gw pikir2, yah gak masalah lah, selama itu bisa membantu dia.. Dan gw pilih tempatnya yah di Gedung SerbaGuna, karena lebih deket ke gereja dan rumah dia, jadi gak perlu repot buat dia, dan juga gw sendiri buat nunggu kebaktian :)

Yang bikin gw mikir dua kali adalah transport gw ke sana.. FYI, gw pas di Jakarta nge-kost di Senayan, JakSel; kerja di Kapuk, JakUt; pelayanan di TamanRatu, JakBar, dan waktu itu gw kalo mo kemana2 yah kalo gak naik taksi, ya naik TransJakarta, atau gak yah nebeng :P Memperhitungkan ongkos dan waktu istirahat, gw pikir2 yah gak masalah lah, kalo hasil akhirnya bagus, it will be a good pay for what I've done..

Then, sesi belajarnya pun mulai deh.. Rada rempong juga sih, karena gw belom ada gambaran gimana pelajaran sekolah dia, karena yang gw tau sekarang untuk pelajaran SMP enggak sama seperti jaman gw dulunya *tau deh yang tuir..* Cari tau dari buku pedoman dia, dan juga cari akal buat ngajarin basic English, sampe nyari buku di Gramedia, supaya ada panduan buat ngajarin dia.. Berbekal apa yang gw inget waktu dulu gw ngajar di Bina Karya English Course dan skill English gw sendiri, gw coba rangkum cara gw sendiri dah..

Pertamanya sempet emosi juga karena dua hal dalam dua pertemuan yang berbeda, pertama karena dia datengnya telat hampir 1 jam dari yang seharusnya, padahal rumah deket bener ama gereja.. Dan kedua, pas gw lagi jelasin, pinter bener dia sambil maen hape -_-" Dalam hati dongkol juga sih, udah gak dibayar, nih anak malah gak serius.. Hal itu yang bikin gw mikir, apakah hal yang akan gw lakukan ini bakal dapet hasil bagus atau gak, karena orangnya rada males2an as far as I know *Nicole, kalo baca ini, jangan bunuh gw yak, tapi introspeksi ye :P*
Waktu itu pengen tegasin, tapi gw sendiri ragu, karena mengingat orangnya gampang  sakit hati.. Tapi kalo dipikir2 lagi, toh ini juga buat kebaikan dia gitu, ngapain gw ragu yak? Ya uwis, gw tegasin aje..  Pas liat mukanya waktu itu, dah kepikiran kayaqnya gak bakal ada lagi nih next session hahaha..

But then, the sessions continued! Walo sempet beberapa kali bolong karena beberapa kali dia ada urusan, dan gw sendiri kadang Sabtu kudu lanjutin project kalo nanggung, I am so grateful for the result..

Thankful waktu itu gw tegasin dia, on next sessions dia enggak lagi main hape, walo itu karena hapenya gw tahan sih :P But then, that helped her to focus :) Agak rempong awalnya, tapi perlahan dia tunjukkin improvementnya.. She passed her test with a great result, dan dapat feedback positif dari Kepsek dan gurunya, regarding her English score..

Waktu denger result nya seperti itu, it really pays me off.. The things I sacrificed in sparing my time to teach her, well paid through her result, dan hal itu sangat melegakan diri gw.. And all I can say, this is God's favor to make this happened :)

Bersyukur waktu itu gw bisa meluangkan waktu gw untuk mengajar, punya kesabaran yang cukup tinggi untuk menjelaskan pelajaran berulang-ulang, walo tiap minggunya dia sering lupa-lupa ingat, tapi gw yakin sekarang dia udah bisa mengingat pelajaran itu, gara2 gw ulang mulu tiap minggu nya hehehe..

Bersyukur juga untuk hasilnya, there is a price to pay for a good result.. Dan gw membayar 'harga' dimana gw bukan hanya mengajarkan dia, tapi gw juga diajarkan sesuatu oleh Tuhan lewat kesempatan itu :)

Bersyukur gw bisa melakukan suatu hal untuk orang lain.. Dan lewat hal ini, gw diingatkan bahwa kita bisa membantu siapa saja di sekitar kita, asal kita punya ketulusan dalam membantu sesama :)

So grateful that God teaches me how to have a patience, sincere heart in teaching, as how Jesus teaches a lesson in the bible..
All the glory belongs to God...
-----

Buat temen2 yang demen nulis blog, notes di Facebook atau apapun yang kalian tulis online, ikutan yukk sama program Thanksgiving Thursday, ceritain hal apa yang membuat lu bersyukur yang mungkin tidak disadari sama teman2 yang lain :) Baca juga yah tulisan teman2 yang lain untuk minggu ini lewat link ini..

Have a blessed day!

Be thankful in every situation we face in our life, for it happens for a reason :)

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)