Monday, October 1, 2012

If Only...

Seringkali, dalam kehidupan kita ini, setelah beberapa keputusan penting kita ambil, dan kita merasa kecewa karena keputusan itu tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita mulai berpikir 'if only...' Tapi, itu bukanlah hal yang seharusnya kita lakukan..

Pikiran seperti itu *menurut gw* pasti akan muncul, dan cenderungnya, orang akan mulai mencari 'kambing hitam', untuk disalahkan, paling tidaknya, ada usaha untuk melegakan hati, walaupun caranya agak kurang ajar jadinya, disalahkan ke orang lain..

Situasi seperti ini hampir setiap kali terjadi buat gw pribadi, tapi itu dulu.. Yah, somehow, kalo kesalahan itu dilimpahkan ke orang lain, kita tidak akan merasa bersalah dengan apa yang terjadi, walaupun pada kenyataannya, hal tersebut adalah memang seharusnya tanggung jawab kita..

Mungkin ini sifat dasar manusia kali yah? Tidak mau dinyatakan salah untuk suatu hal yang terjadi, walaupun itu adalah tanggung jawab nya sendiri.. Setiap hal yang terjadi itu merupakan hasil dari keputusan yang kita ambil.. So, kenapa kita harus menyalahkan orang lain karena keputusan kita? Apakah orang lain tersebut yang mengambil keputusan itu untuk kita? NO! It's your own choice!

Gw bersyukur, sekarang ini gw bisa melawan pikiran gw sendiri, instead of blaming others, why not introspect yourself first?

Di posisi gw sekarang ini, ada begitu banyak "if only" yang bisa menyerang gw,

if only I didn't quit my job...
if only I knew when to get angry...
if only I realized what I really want to do before my studies...
if only......

Semua ini enggak akan ada habisnya.. Semua ini kita pikirkan, karena keputusan2 kita sendiri, dan terakhirnya dia akan menyerang kita.. One thing that I always remind myself, your thoughts rule your life.. Inilah uniknya, apapun yang kita pikirkan, secara tidak sadar, itulah yang membentuk diri kita..

What you think is what you get..
Ps. Andrew waktu itu mengingatkan gw lewat satu ayat:
The tongue has the power of life and death, and those who love it will eat its fruit. | Proverbs 18:21
Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. | Amsal 18:21
Pikiran kita adalah apa yang kita katakan pada diri kita sendiri.. Jadi, apapun yang kita katakan untuk diri kita, itulah yang akan menguasai diri kita.. Ps. Andrew mengingatkan juga, biasakan diri untuk mengucapkan kata-kata yang positif dalam keseharian kita, karena itulah yang akan membangun diri kita untuk tetap positif, walau kondisi di sekitar kita sangat negatif..

Waktu itu, gw baca salah satu post yang ditulis sama sepupu gw, Sofia, tentang bagaimana kita secara tidak sadar dibentuk oleh apa yang dikatakan oleh orang di sekitar kita pada masa kecil (read it here).. Dan menurut gw, itu benar adanya..

Kalo gitu, kita menghindar dari kenyataan donk? Are we trying to fool our minds? Not really.. Memang reality nya kadang sangat sulit untuk kita terima, tapi kita bisa melihat reality itu dari sudut pandang berbeda.. Untuk hal di atas, gw membereskannya dengan berpikir sebaliknya..

What if I stay on that job?
It wouldn't make me happier, for it doesn't go along with my integrity..

What if I get angry?
Things will go ugly, I am the worst you can imagine when it comes to bad temper while in deep anger.. Maybe I just need to control my anger in a proper way to express it..

What if I already knew what I should take before?
I won't study this much about IT stuffs, yet I can still enjoy myself learning about people's character through my IT study..

There's always something we can learn out of a problem we faced.. Masalah itu ada, supaya membentuk kita menjadi lebih baik.. Makanya, kalo kita lari dari masalah, maka masalah itu akan tetap ada pada diri kita, dan kita akan terus memikulnya sampai kita berhasil membereskannya..

I always give thanks, for everything that has done in my life, the good and the bad ones..

Don't regret on your decisions made, believe that it happens for a reason, and it's a good reason definitely.

Don't let yourself down too far.. He has a great plan upon each of our life, and the situation might be just a part of His Plan, for a lesson of life that we need to fulfill His Great Plan. (Jer 29:11)

Things might not go as we plan, but if He is willing, He will make the way in His Time, and His Way..

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)