Thursday, October 18, 2012

5W + 1H

Di saat lagi mencari inspirasi untuk menulis, baca2 tentang artikel untuk cara menulis yang lebih baik, entah kenapa tiba2 gw diingatkan dengan metode 5W + 1H, dan somehow, tiba2 kepikiran aja bagaimana metode ini bisa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari..

Pertama kali ngerti tentang konsep 5W 1H ini kalo enggak salah pas kelas Academic English di kuliah, about how to elaborate a good essay.. Lucu juga sih, teringat tentang ini, tapi bukannya mengenai topic apa yang bakal gw bahas, tapi metode itu sendiri..

Tanpa kita sadari, setiap harinya kita akan berperang dengan 5W 1H ini dalam hidup kita, terutama ketika kita sedang menghadapi situasi yang tidak nyaman dalam fase tertentu.. Tapi, lebih seringnya ketika di saat seperti itu, pikiran kita hanya terlintas dengan 1 W doang, WHY..

Why this happen to me?
Why it has to be this way?
Why it has to be so hard?
Why...
Why...

Berbagai macam pertanyaan 'why' itu akan sering terlintas, apalagi kalo kita sulit menerima kenyataannya.. Pertanyaan itu akan terus menyerang tanpa bisa kita bendung, hal paling buruk yang akan terjadi adalah kita akan terpuruk dalam pertanyaan itu, sampai akhirnya kita harus menerima segalanya dengan rela dan tulus..
Well, I still did so as well in sometimes.. Menurut gw, itu adalah pertanyaan yang sering terlintas pertama kali di kepala ketika hal itu terjadi begitu saja, dan hal itu wajar saja..

But then, don't forget the other things, the other 4W 1H..
Kadang kita perlu menanyakan bukan sekedar mengapa (why) harus terjadi, tapi apa (what) yang bisa kupelajari dari kejadian tersebut..

Kita tidak akan pernah bisa tahu mengapa hal itu bisa terjadi, it's not our part to know why.. God has His perfect plan upon our life..

Hal yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha untuk melihat secara positif, apa (what) yang menjadi pelajaran berharga yang bisa diambil dari kejadian tersebut; kapan (when), dimana (where) dan kepada siapakah [who(m)] kita akan mengaplikasikan pelajaran itu nantinya..

Jangan terpuruk terlalu lama di dalam 'why', tapi mulailah melangkah untuk melihat sisi positif dari setiap hal.. Some things might happen to be bad, but in every bad things, there is always something good we can learn out..

One good song that would uplift for those who are currently in the 'hard' season in life.. It's not over - Israel & New Breed
It's not over / It's not finished
It's not ending / It's only the beginning
When God is in it / All things are new

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)