Tuesday, August 21, 2012

The Impact of Community

Di post gw yang sebelumnya, gw sempat nulis tentang dukungan dari keluarga dan teman dekat kita, dan enggak lama setelah itu, gw sempat diskusi juga dengan satu anak baru di kantor tentang hal yang berkaitan dengan komunitas juga, jadi kepikiran buat nulis tentang pentingnya komunitas dari sudut pandang gw :) *boleh setuju boleh tidak.. kasi komentarnya juga kalo bisa :D*

Komunitas itu berperan besar dalam pembentukan karakter kita, dari kegiatan dan cara orang2 dalam komunitas itu saling berinteraksi.. Sering gw denger ada quote seperti ini, "show me your friends, and i'll show you your future John Kuebler", dan menurut gw, kata2 ini ada benarnya.. Di bagian mana kita lebih banyak menghabiskan waktu, disitulah yang akan menjadi bagian dari pembentukan karakter kita..

Personal Experience
Bersyukur banget kalo gw bisa tinggal dalam keluarga yang bisa dibilang cukup keras tapi mempunyai dampak positif untuk diri gw sendiri dalam didikan berperilaku.. Kenapa gw bilang cukup keras? Karena dulu, dalam keluarga gw paling banyak larangan ini dan itu, yang sedikit banyak membatasi pergaulan gw sewaktu sekolah dulu..

Back then, I thought it was suck, and indeed it was, for me personally.. Waktu gw untuk bermain dengan teman2 itu limited, belum lagi siang nya ada les, malemnya engga boleh keluar kalo uda diatas jam 7, tanpa kepentingan apapun.. Kalopun ada, paling telat jam 9 udah wajib pajang muka di rumah.. So, dulu gw lebih banyak habisin waktu gw bermain game di kamar.. Mulai beranjak SMA, mendingan sih, tapi tetep paling telat jam 9, kecuali hari tertentu dimana gw les Math malemnya..

Pas kuliah? Serasa seperti seekor burung yang bebas dari sangkar hehehe.. Tapi, entah kenapa pas kuliah pun secara otomatis jadinya kalo rasanya uda jam 9 ke atas, uda wanti2 sendiri pengen pulang.. Salah satunya sih takut kekunci ama pagar kost2an waktu itu :P Tapi, gw menyadari kalo semua itu bisa terjadi, karena gw sudah dibiasakan dari kecil untuk tidak pulang terlalu telat.. It was good, tapi karena udah tau pagar kost bisa gak ada jam malam, gw jadi enggak mikir tentang bakal terkunci atau apapun itu :P tapi tetap mengingat diri untuk tidak pulang terlalu malam, walo seringnya engga demikian hahaha..

Pergaulan gw selama kuliah juga, bersyukur gw enggak terlibat dalam hal2 yang negatif, padahal kemungkinan untuk terjerumus dalam hal itu sangat besar, karena gw tinggal sendirian, dan semuanya bergantung sama diri gw.. Beruntung kalo temen2 yang ada di sekitar gw lebih banyak yang positif :) Which made me as who I am today..
Bukan berarti gw tidak bergaul dengan hal yang negatif juga, nyaris, tapi bersyukur gw enggak terjerumus terlalu jauh sampai tingkat addict, hanya bagian dari social-life yang menjawab rasa penasaran gw tentang night life :P

Recently, during my work life, lebih banyak waktu gw bergabung dengan anak2 komsel gereja, seperti waktu di Jakarta, lebih banyak dengan teman2 dari StarLight, dan sekarang di Medan bareng teman2 ConnectGroup dari MawarSharon.. Hasilnya? Bisa terlihat dari penulisan post gw yang belakangan ini yang lebih cenderung religius hehehe..

What I learn from those experiences?
Gw bisa menyimpulkan, dari semua yang gw lalui dari semasa bocah ingusan sampe sekarang yang mungkin masih ingusan dikit *karena pilek cuy*, banyak hal yang menjadi pembentuk karakter gw, mulai dari dulunya agak kuper, taunya cuma main game di rumah, sampe akhirnya demen hangout dan bersantai ngobrol di cafe dengan teman2 ataupun baca buku menikmati me-time (read here), dan semua itu tergantung dengan pergaulan gw sendiri..

Pola pikir dan karakter gw juga sedikit banyak ter-influence dari komunitas yang sering pergi bareng.. Karena kebanyakan disuntik dengan pemikiran secara rohani, jadinya post gw juga ikutan rohani hahaha.. *padahal aselinya belum se-religius itu, sedang berjalan dalam pertobatan hehe :P*

Lingkungan keluarga juga memegang peranan penting dalam kehidupan gw.. Memang waktu kecil gw sendiri merasa kalo gw agak prihatin sama diri gw sendiri, thankfully to my environment, which built me into a mature person, yet still mature-in-the-making, yang membuat gw menyadari pesan positif dari apa yang gw hadapi dulu :) it wasn't easy, but thank God I made it through :) *as how the story told here*

Thank God for the communities and people that He puts around me.. Memang tidak semuanya menyenangkan, tapi semua itu selalu ada pesan positif yang bisa diambil dan dipelajari :)

Choose your community wisely, as they will grow and develop you into someone that you decide to be in the future..