Wednesday, September 21, 2011

The Essence of Art

Inspired while watching the following video..


Pas lagi buka facebook pagi2, liat ada yang share video ini.. Penasaran ama art nya kyq gimana, gw langsung buffer deh.. Kelar buffer, pas gw liatin, awalnya gw mikir nih dia mo ngapain, koq sepertinya ngga jelas gitu *maklum masih pagi, otak masih ikut loading buat mikir terlalu susah :P*.. Sampe setengah,
 baru ngeh, itu gambar gunung2 dan lautan.. Sampe akhirnya jadi satu karya utuh yang menurut gw super awesome and legendary!

Somehow, gw berpikir, bukankah itu sama seperti apa yang kita lakukan dalam semua RENCANA kita dalam kehidupan kita sehari2? Awal dari semua yang kita rencanakan itu terlihat masih buram dan gak jelas untuk orang lain yang melihatnya, tapi ketika rencana kita itu sudah selesai, orang lain akan lihat HASIL dari RENCANA kita..

Dalam video itu juga kurang lebih punya hal yang sama, dalam PROSESnya, semua terlihat tidak jelas pada awalnya, bentuk yang aneh.. "Tuangan pasir" itu bisa dibilang adalah PROSES, kita menuang setiap takaran dan tuangan dalam membentuk suatu karya..

Setiap hal yang kita kerjakan itu membutuhkan proses.. Tanpa proses, ngga mungkin segala sesuatu itu bisa terjadi, dan setiap proses itu butuh TINDAKAN.. Setiap tindakan kita berpengaruh terhadap PROSES pembentukan jati diri kita

Perlu beberapa "warna" (sahabat) dalam setiap prosesnya, yang membuat karya itu menjadi karya yang wow, dan warna itupun harus dipilih seksama supaya ngga merusak komposisi karya yang sudah kita rencanakan..

Yang paling penting, kita perlu "fondasi" yang kuat untuk karya itu.. Sadarkah kalian di awal sebelum dia memulai karyanya, ditaro satu fondasi pasir putih sebelum pinggirannya dituang warna2 lain? Fondasi itu adalah Sang Pencipta, Tuhan yang Maha Kuasa.. Kita harus meletakkan apapun yang kita kerjakan dalam doa, dan menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan, karena Tuhan yang memberikan kita visi untuk mengerjakan sesuatu sesuai dengan rancangan-Nya :)
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (Yer 29:11, TB)
Jadi, kalo disimpulkan, sebenarnya hidup kita itu sebuah Seni loh.. Setiap coretan / tuangan kita merupakan PROSES dimana kita membentuk jati diri kita, membentuk karakter diri kita seperti FONDASI yang sudah dipersiapkan Tuhan, mengisi dan memperlebar kapasitas diri kita, disertai dengan komposisi warna (Sahabat, Keluarga) yang variatif, perpaduan warna terang dan gelap, yang membuat karya itu semakin indah :)

This video really puts a huge inspiration for me to write such things, may this writings be a blessing to everyone who reads this post :)

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)