Wednesday, April 24, 2013

Creatively YOU

*what I share on a chance during Scout session*

Tema bulan April di @SL_YC membahas tentang Creativity, dan setelah melewati beberapa minggu dalam tema ini, ada beberapa ilham yang terlintas di pikiran gw. Dan bukan kebetulan juga kalo @ColinMatthewK tiba2 minta gw yang sharing untuk minggu ini di Scout Music..



FYI, Scout (Starlight Community) adalah sebutan komsel untuk komunitas @SL_YC, tempat dimana kita berkumpul, bermain, mengenal satu sama lain lebih dekat melalui sharing dan fellowship yang diadakan setiap minggunya :)
*if you wanna come and join, just let me know ;)*

Kembali ke topik awal.. Cenderungnya kita mengartikan kreatif itu dengan definisi yang berkaitan dengan seni / membuat sesuatu yang baru.. Bisa juga suatu hal yang unik, yang membedakan dirinya dengan yang lain..

taken from Merriam-Webster
Pendapat gw, Kreatif itu tidak hanya sebatas pengertian seperti itu doank.. Kreatif itu berkaitan dengan apa yang kita lakukan sehari2..Setiap harinya, selalu ada proses kreatif yang kita lakukan baik yang kita sadari maupun tidak..

Lalu, apakah elo orang yang kreatif? Percaya atau tidak, kreatif itu ada dalam setiap diri kita.. Ah masa sih? Well, Tuhan adalah Orang yang paling kreatif yang pernah ada, why? Setiap ciptaan-Nya yang ada di bumi ini ada begitu banyak jenisnya, mungkin ada yang serupa, tapi tidak ada satupun yang sama, dan masing2 memiliki karakter khas yang hanya ada dalam pribadi tersebut..

It applies to how He creates us, human beings.. Seringkali kita bertemu dengan orang2 yang di sekitar kita, yang mirip dengan orang yang kita kenal.. Tapi, walaupun mirip, tapi orang tersebut berbeda dengan orang yang kita kenal (beda nama, beda gender, beda bentuk hidung, beda kepribadian, apa yang bisa beda aja dah)..
Dan, seperti yang tertulis :
So God created man in his own image, in the image of God he created him; male and female he created them. | Genesis 1:27
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. | Kejadian 1:27
Kita itu diciptakan menurut gambar Allah.. Kalau Tuhan kreatif, so do we!

Being creative doesn't always have to be in big things.. Dalam hal kecilpun, tanpa kita sadari, kita juga menjadi orang yang kreatif.. Contohnya? Menyapu.. Ada berbagai macam cara menyapu yang bisa kita lakukan, dan masing2 cara juga punya efektif nya masing2.. Bisa saja kita menyapu dengan dua tangan atau satu tangan, dengan posisi berdiri tegak atau setengah membungkuk, atau cara apapun deh yang terlintas di kepala kalo mau menyapu.. Ada banyak contoh lain, yang sangking sederhananya, kita enggak menyadari kalo itu juga bagian dari kreatif dalam diri kita..

Comparing ourselves
Hal yang sering membuat kita lupa kalau kita memiliki sisi "kreatif" adalah ketika kita membandingkan diri kita dengan orang lain di sekitar kita.. Ketika kita mulai membandingkan diri kita dengan orang lain yang 'terlihat' lebih hebat dari kita, mungkin beberapa dari kita akan berusaha untuk menjadi orang yang kita bandingkan, dan inilah yang membuat kita lupa kalo dalam diri kita ada potensi yang (mungkin) tidak dimiliki orang lain..

Never think that you are unworthy.. Mungkin sekarang ini kita hanya bisa melakukan hal kecil, tapi suatu saat nanti, kesetiaan kita dalam hal kecil itu akan membawa kita naik ke level selanjutnya, when His Time comes.. Elisa (1 Raja 19) juga pada awalnya hanya seorang pembajak sawah yang biasa2 saja, tapi dia dipakai dengan luar biasa oleh Tuhan dalam cerita tentang perjalanan dia.. Each of us are worthy, with our own skills..
one of my favorite tweets
God creates us all with a specific purpose, dan setiap kita juga dikaruniakan talenta yang berbeda2 untuk memenuhi Tujuan-Nya di dunia ini.. Kalo kita semua diciptakan dengan keahlian yang sama, it will be boring for sure.. Bayangin, dalam grup band, semuanya bisa satu alat musik doank, tidak akan ada harmoni yang akan membuat satu irama yang indah dan menarik.. That's why, you are creatively YOU.. 

Know your potential, and be creative with it! Potensi yang sudah ada dalam diri kita, harus kita kembangkan dengan baik, dan potensi itu akan berkembang lewat kreativitas kita.. Kita akan melakukan / melewati berbagai proses kreatif yang akan membuat potensi kita berkembang, dan menjadi suatu hal besar yang akan memberikan dampak positif bagi orang di sekitar kita.. Kalo kita udah tau potensi kita, tapi enggak diapa2in, semua itu akan sia2 toh?

This post is made, to remind you that You are worthy! All that we need to do is simply gain more knowledge, and explore more through your creativity session.. You are more than what you think you are :)

1 comment:

  1. Kalau Tuhan kreatif.. so do we.
    Kalau kita jahat.. so is He???
    I'm really bad ^_^

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)