Tuesday, April 20, 2010

People's Changes

Wow!! Hari ini bener2 panas nya ajib tenan!! Pagi berangkat kantor, serasa masuk oven global yang sangat panas, padahal cuman berjalan dari kost ke halte busway di Ratu Plaza, cuman seuprit itu doank, dah serasa segitu, mungkin dalam proses jadi pisang bakar kali yah (-_-")..


Kalo dari isu yang di dapet dari BBM (bukan Bahan Bakar Minyak, Bau Badan Masih, tapi ini BeriBeri Messenger :P), uda dikasi tau kalo hari ini tuh bakal panas ajib karena matahari lagi sangat dekat dengan bumi.. (lagi pdkt kali yah??).. Moga2 deh kaga jadi pisang bakar, karena kalo sudah jadi pisang bakar, hari ini update post terakhir :P haha

Ini bahkan sangking panasnya, ada ruko di bagian belakang dekat kantor gw kerja juga ikut "kepanasan", dari kejauhan pas lagi naik ojek, uda keliatan asap mengepul.. deket kantor malah makin deket, uda perasaan ga enak, dan ternyata benar, di ujung belakang nun jauh disana terjadi kebakaran.. Sejauh ini belom ada kabar kalo ada korban, cuman gedung aja sih jadi korban..

-----
People's Changes

Setiap orang yang kita kenal di sekitar kita pasti ada sesuatu yang berubah dari diri mereka setelah lama kita tidak bertemu dengan mereka, baik itu perubahan fisik atau pun mental mereka.. Ada yang mungkin dulunya pendiam, tiba2 jadi bawel atau PeDe (Percaya Dere), ada juga yang sebaliknya.. Ada yang kalem2 mendadak ganas, dan sebaliknya..

Mengapa itu semua bisa terjadi??

Semua itu tergantung dari lingkungan dimana orang itu berada, dan lingkungan itu membentuk dan mengubah karakter seseorang. Setiap orang pasti mempunyai beberapa lingkungan yang di sekitarnya; ada yang menjadi lingkungan tetap, dan ada yang cuman selingan.

-Family-
Lingkungan tetap itu adalah lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga yang sehat akan membentuk karakter yang sehat juga kepada karakter kita. Banyak sekali kita mendengar keluarga yang broken home, pada umumnya anak2nya memiliki karakter yang sangat keras atau malah pasrah dengan situasi nya sampai menjadi perasaan yang penuh penyesalan. Bersyukurlah kita tidak di posisi itu, dan kalaupun ada yang dalam posisi itu, semoga permasalahan itu akan segera terselesaikan :)

Tapi, bukan berarti dengan berada dalam situasi broken home pasti memiliki karakter yang keras, makanya di atas gw tulis "pada umumnya", pasti ada yang bisa survive dari itu, dan menjadi seseorang yang memiliki karakter yang tegas dan berwibawa juga :)

-Friends-
Berikutnya, lingkungan persahabatan.. Kalo dari pesan orang tua setiap kali, "Bergaul dengan lingkungan yang baik, jangan sampai terjerumus ke lingkungan yang salah", gw setuju banget, tapi bukan berarti lingkungan persahabatan itu jadinya kita memilih2.. Buat gw, berkenalan dengan banyak orang itu mempunyai satu nilai yang besar. Setiap pergaulan mempunyai dampak positif dan negatif masing2, hanya saja ada yang kecil dan ada yang besar.

Yang menjadi tugas kita adalah, menyaring mana yang baik dan mana yang buruk buat kita. Sudah sepantasnya lah yah, kita uda dewasa, pasti sudah mengerti mana yang baik dan yang buruk buat kita masing2.

Setiap persahabatan pasti ada baik buruknya, kita harus menyaring dan kalau bisa, mengurangi dampak buruknya untuk kita, dan membawa dampak baik untuk mereka :) Sering kali kita begitu melihat satu lingkungan buruk, kita sudah mengeluarkan prasangka buruk terhadap mereka, padahal kalo kita kenal lebih baik lagi, mereka juga memiliki hal baik yang bisa membantu kita..

-Sharing-
Sekedar sharing, sebelumnya ini gw punya tetangga kost (Thalip n Dhika, sekarang sih uda pindah), salah satu kebiasaan mereka tuh yang sampe gw juga pasrah, kamar itu dah seperti cerobong asap :P *peace brother :)* mereka dah biasa merokok, dan itu pastinya susah dihilangkan kalo uda jadi perokok berat. Kalo dilihat dari situasi begini, pasti pada bilang, ini lingkungan yang salah, bisa2 gw jadi ikutan ngerokok. Sebelum itu terjadi, gw bagi cerita dulu sisi baiknya mereka.

Walaupun mereka terlihat seperti preman atau apalah yang disebut seperti itu, gw melihat mereka itu menjadi satu sahabat yang baik buat gw, kalo gw lagi butuh bantuan nitip beli apa gitu, mereka bisa anterin gw, kapanpun itu.. Mau tengah malem, tengah pagi, asal mereka masi melek dan ada transport, pasti mereka temenin.. *ah, pisang cuman ambil untung dari mereka* pasti ada yang mikir seperti itu, tapi bukankah persahabatan itu sudah pasti mengambil keuntungan dari orang lain dan diambil juga oleh orang lain? Kalo ga mo dimanfaatin ma orang lain, jangan berteman kalo begitu :P

selain itu, mereka juga menghargai persahabatan, kalo memang kita lagi ada masalah dan mereka bisa bantu, pasti akan dibantuin sebisanya.. Gw juga banyak belajar gitar dari mereka :D yah walo kaga jago2 amad, paling ga yah bisa satu dua lagu deee :P haha

Sebaliknya, dari gw ke mereka, gw siapin cara supaya mereka bisa mengurangi frekuensi merokok, dengan cara deal or no deal hahaha.. Gw hitung rokok dalam bungkusan mereka ada berapa, terus bikin deal, kalo bisa bertahan ga merokok 2hari, ditraktir nasi uduk, 4 hari = nasi goreng, seminggu = KFC, lebih dari itu = makan di restoran.. *oe pisang goblog, ditipu juga bisa atuh* yah gw juga tau bisa ditipu, kalo mereka ga jujur yah gw rugi kan? tapi yah gw percaya aja kalo mereka bakal jujur, dan itu pasti keliatan efeknya :) dengan semangat juga sih mereka coba ikutin deal nya, sayang cuman tahan 4hari, cuman sampe nasi goreng doank hehe.. Memang gw rugi secara financial, tapi gw juga bisa sehat karena asap rokoknya berkurang ke kamar gw, dan mereka juga bisa sekalian coba tahan diri ga merokok :D

Nah, contoh diatas itu fakta, dan gw uda liad sendiri hasilnya.. Jadi, ga selamanya lingkungan yang kita anggap jelek itu selalu jelek, bukti nyata ada di sharing kali ini :) dan gw juga tidak ikutan ngerokok, dan mereka hargai gw kalo gw tuh bukan perokok, ga dipaksain buat ikutan..

-----
Dengan adanya lingkungan2 yang positif, pasti kita juga akan berubah menjadi lebih positif lagi. Semua itu tergantung dari seberapa kuat kita melawan sisi negatif dan mengambil sisi positifnya :) Setiap orang pasti bisa berubah menjadi lebih baik, dan bisa memberikan dampak positif kepada orang lain, asal ada niat dan usaha :D

Intinya, setiap orang pasti akan berubah, terutama disaat kita memasuki lingkungan baru dan memperoleh hal2 baru yang pastinya mempunyai dampak untuk kehidupan kita masing2.. So, jangan ragu untuk keluar dari comfort zone dan menghadapi semua yang ada. Dengan menghadapi itu, kita akan menjadi sosok yang lebih baik untuk ke depannya :) Semua itu sudah jadi bagian dari rancangan-Nya :D

Jadi, jangan heran kalo ntar beberapa tahun ke depan, gw tiba2 jadi pisang (??) hahaha.. untungnya gw ngga mengusahakan untuk menjadi itu dan juga ga berniat hahaha :P

Semoga setiap kita bisa memberikan terang dan mengubah pribadi orang lain menjadi lebih baik :) Let's create a better world :D

Cheers,
SiPang RoGeng

1 comment:

  1. this is my comment for ur blog..hihii
    I like this post..
    setuju bgt sama tentang lingkungan dll ituh.
    And klo kata gw, mau jelek or buruk keadaan kita skrg,jangan nyalahin keadaan. Coz, hidup itu pilihan..and smua pilihan itu ada di tangan kita.
    So, respect ur life! and Learn to live your life, most people just exist...^^


    pichan :p
    and once more you create your own happiness . people can only help you..

    yay!pisang goblog!!hahahaaa

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)