Monday, June 13, 2011

Practice Makes Perfect

Written during my lunch break, inspired by one coaching session..
---

Sudah lama PisankGoblog tidak cuap2 di blog, rada kangen nulis, tapi kadang sering bingung mau tulis tentang apa, sangking banyak yang berlalu-lintas di pikiran gw :D

Kali ini, gw pengen share salah satu hal yang jadi #noteToSelf buat gw, yang selalu ingetin gw kalo gw bisa jadi seperti sekarang ini, karena #noteToSelf yang tertanam di diri gw tanpa gw sadari :D

Sebagai intro, gw sedang ikutin salah satu coaching session, yang disebut C3 (Communication Coaching Class). Bagi teman2 yang belum tau C3 itu apa, C3 itu merupakan salah satu program dari StarLight Youth Community (join our twitter @SL_YC) *this is the awesome place where I learn and grow spiritually :)* dalam mempersiapkan anak muda menjadi generasi yang handal dalam komunikasi yang positif, dan menjadi inspirasi bagi yang mendengarkannya *eaahh, bahasa gw asoy gile yak? :P*..

Diarahkan oleh salah satu leader SLYC yang paling te o pe dan paling komunikatif, mister Yones Yago Tanaka (selanjutnya kita panggil dy KoYo, karena itu adalah benda favorit dy dan bisa jadi singkatan kalo kita panggil Ko Yones :D), sekarang C3 sudah menuju ke akhir Season 3 untuk yang basic, dan akhir Season 1 untuk yang Advance.. Kita bisa belajar banyak tentang komunikasi yang aktif, dinamis, dan positif yang bisa kita gunakan dimanapun kita berada, baik di rumah, sekolah, kerja, dimanapun itu! Penasaran? Pengen ikutan? Tunggu aja info untuk C3 season 4 basic di link group Facebook yang uda gw tempelin :)

Nah, di salah satu sesi nya, anak2 kelas advance ditantang sama KoYo, kalau biasanya kita presentasi sesuatu dalam bahasa Indonesia, kita ditantang dalam bahasa Inggris!

Well, presentasi dalam bahasa Inggris sih fine2 aja, secara gw dulu kuliah di Binus International, kurikulum English, presentasi dalam bahasa Inggris pun uda jadi makanan sehari2 selama kuliah *sombong gileee!*.. Tapi uda lama juga ngga presentasi, lumayan grogi juga sih..

Teman2 yang ikut advance, Vinia, Ronald dan Ria lebih grogi lagi, cuz ini pertama kalinya mereka presentasi dalam bahasa Inggris, ditambah lagi, ada rasa kurang pede dengan level English nya, makin jadi deh grogi nya..

In short, pas hari H nya, semua berhasil dengan baik! Salute to Ronald, yang awalnya mesti lembur, tapi demi melawan rasa grogi nya :) Sayang, Ria gak bisa hadir dalam test kali ini..
Mereka berhasil presentasiin dengan baik dalam English, walau masih patah2.. Bisa dimaklumi karena ini pertama kali, dan namanya juga Coaching class, so it's just a practice with inputs to improve :) Gw yakin banget kalo mereka sering2 presentasi dalam bahasa Inggris, it's just a matter of time mereka bakal dipanggil jadi presenter dalam bahasa Inggris :)
Jadi inget juga waktu pertama kali presentasi di masa2 kuliah, sepertinya lebih parah dari itu, dan masuk nilai! x_x tapi ane lulus :P haha..

What am I trying to deliver?
Dalam setiap hal yang kita pelajari, pasti ada yang namanya "pertama kali", .. Pertama kali kita belajar berjalan, belajar ngomong, belajar nepok nyamuk *inspired barusan terjadi dan nyamuk nya mati setelah berkali2 mencoba :P*, belajar apapun itu.. Dan semua yang "pertama kali" itu, jarang ada yang langsung bisa perfect, walau kita sudah tau caranya.. Itu gw tulis jarang loh, bukan berarti tidak bisa :)

Setelah kegagalan pertama kali itu, pasti kita akan berusaha dan mencoba terus sampai kita bisa berhasil.. Contohnya, pas kecil saat kita belajar berjalan.. Awalnya, kita pasti bakal dipegangin dulu, diajarin berdiri sampai kaki kita kuat, baru pelan2 kita coba jalan, lama2, kita engga bakal dipegangin lagi, dibiarin jalan sendiri..

Nah, pas kita dibiarin jalan sendiri tuh, beberapa kali pasti kita terjatuh dulu sebelum bisa berjalan dengan baik.. Kalo gw, dari cerita nyokap gw, jatuhnya itu paling nampol! Kepala jatuh dan kejedug lantai sampe benjol!! *ada fotonya loh!* Kerennya, setelah itu gw bangun sendiri dan jalan ke arah nyokap gw sambil nangis.. *hebat kan? setelah kejedug jadi pinter.. mau pinter? coba aje jedug kepala, sapa tau jadi pinter :P hahhaa*

Pertama kalinya, mungkin terlihat canggung atau tidak bagus, tapi bukan berarti langsung menyerah dan tidak mencoba lagi.. Keep trying, PRACTICE it, and it will BE MADE PERFECT through times :) Kalau quote dari Robin Hood, "Rise and rise again, until lambs become lions"..

pamer foto jaman latian basket :D

Bukankah ada kata2, "Allah bisa menciptakan segalanya karena Dia terbiasa dalam melakukan"? Semakin kita terbiasa melakukan sesuatu, semakin mahir kita dalam melakukannya, bahkan kalau ditambah dengan kreatifitas, bisa menjadi sesuatu yang baru :)
Ephesians 6:18 (NIV) "Pray at all times (on every occasion, in every season) in the Spirit, with all [manner of] prayer and entreaty. To that end keep alert and watch with strong purpose and PERSEVERANCE, interceding in behalf of all the saints (God's consecrated people).
Efesus 6:18 (bahasa sehari-hari) "Lakukanlah semuanya itu sambil berdoa untuk minta pertolongan dari Allah. Pada setiap kesempatan, berdoalah sebagaimana Roh Allah memimpin kalian. Hendaklah kalian selalu siaga dan JANGAN MENYERAH. Berdoalah selalu untuk semua umat Allah."
Satu kalimat yang perlu diingat dan dicamkan adalah NEVER GIVE UP! Yakinkan dirimu bahwa kamu pasti bisa melakukannya.. Jika kamu gagal, EVALUASI yang sebelumnya, dan COBA LAGI dengan STRATEGI BARU supaya tidak jatuh lagi dalam kegagalan yang sama, dan bawa dalam DOA :)

Satu hal yang pasti, kita juga tentu saja membutuhkan KEBERANIAN untuk mencoba hal baru (yang positif tentunya), karena biasanya hal yang baru itu menantang kita untuk keluar dari COMFORT ZONE (should write bout this next time ^^)..

May all of you be blessed by this writing :)
Have a great day ^^

2 comments:

  1. That's right! jam terbang dalam presentasi/public speaking itulah menentukan keberhasilan. Sebilah keberanian sudah bisa untuk mulai membentuk keberhasilan itu.

    Grogi di awal itu biasa/wajar/natural dan semua pasti mengalaminya. Tapi kalau sering latihan dan dicoba, lama kelamaan pasti bisa!

    "Mengetahui saja tidak cukup, kita harus mempraktikkannya. Berkeinginan saja tidak cukup, kita harus melakukannya." - Bruce Lee

    "It's what you DO not what you KNOW that makes a difference. " - Dan Rockwell

    "Kamu memerlukan ketekunan supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu." Ibrani 10:36

    Nice article! :]

    ReplyDelete
  2. wow! nicely added by Arly :) thanks for the adds and visit on my blog brother :D

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)