Sunday, October 30, 2011

Real Steel: It's a Real Deal

Hari ini diajakin pergi nonton ama keluarga cici gw, yang waktu itu pernah gw perkenalkan dengan di blog gw pas dia lagi wise mode nya :P, nonton film Real Steel, dan gw yakin film ini pantas dikasi 4 thumbs up! *jempol kaki ikut ngacung!*.. Well, gw gak tau yah kira2 apa yang moral story yang gw dapet dari cerita ini bakal sama dengan yang temen2 dapat, but then, I just wanna share it with you all about what I got :) So, here we goo!!

Sebelum baca yah, gw mo bilang dulu.. WARNING!! SPOILER ALERTS!! Kalo cuek bebek ama spoiler, ya wiss, lanjut sob!! Jangan komplen yah kalo kebanyakan spoiler :P

What did I get?
Cerita nya sih lumayan menarik yah, gw melihat ceritanya itu dimana si Charlie (Hugh Jackman) itu mempunyai sifat yang egois dan bertindak sembarangan, padahal dia itu seorang ayah.. Sangking sembarangannya, punya banyak hutang, gegabah demi duit bahkan anaknya sendiri ditelantarin, sampe pas istrinya meninggal, harusnya dia pegang hak asuh anak, malah dia jual ke adik dari istrinya -_-" *bokap macam apa itu?!*.. Dan gw salut sama peran si Max (Dakota Goyo), yang tegar dan tangguh padahal dia tau bokapnya itu enggak care sama dia, dan di cerita ini, dia yang memegang peran penting dalam hal mengubah hati si Charlie..
Here are some points that I conclude:
+ No parents who don't care about their children
Di awal2nya, diceritain kalo si Charlie tuh gak mau terima hak asuh anaknya, tapi dia mo bikin sandiwara seolah2 dia pengen menghabiskan waktu bersama anaknya, padahal dibalik itu dia minta duit ke keluarga adik iparnya yang tajir.. Cuma DEMI DUIT, dia jual anaknya lewat suami adik iparnya..
Tapi, pas anaknya jatuh ke jurang, dan hampir mati, disitu dia secara enggak sadar nunjukkin betapa takutnya dia kehilangan anaknya.. Ada kata2 yang menarik, "Don't worry son, grab my hands, you will be just fine.. Trust me, everything will be allright" *kurang lebih gitu lah, gw rangkum kayaq gitu aja :D*

Separahnya dia, pas dia tau anaknya lagi dalam bahaya, dia bener2 care sama anaknya, sampe dia mencoba meyakinkan anaknya kalo everything will be allright..

Dan hal ini mengingatkan gw seperti kotbah yang kemaren gw dapet di kebaktian Profesional Muda Gereja Mawar Sharon (will come with more story about this church later :D), tentang hal yang paling berharga dalam dunia ini yaitu nyawa kita, dan nyawa anaknya bagi para orang tua (yang normal)..

So, kalo ortu kita sibuk dan jarang menghabiskan waktu dengan kita atau malah keras dengan kita, itu tidak menandakan kalau mereka tidak sayang sama kita, tapi justru karena mereka terlalu sayang sama kita, mereka rela bekerja lebih keras supaya kita anak2nya bisa hidup dengan nyaman.. Mereka bersikap keras terhadap kita, karena mau kita menjadi pribadi yang mandiri di masa depan kita *this is what I learn from my dad.. Thanks Dad :)*

Begitu juga dengan Tuhan, our Great Father.. Kadang kita kalo lagi dalam segala masalah, kita sering berpikir, koq Tuhan tega sih sama anakNya? Katanya care sama anakNya, tapi koq dikasih masalah bertubi2? This is the simple answer about that thing:
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. [Yer 29:11 (TB)]
Dan gw rekomendasikan baca lanjutannya sampe ayat 15 :) Ada suatu rencana yang sudah disiapkanNya untuk masing2 kita, mungkin yang terjadi sekarang bukan untuk apa yang kita hadapi sekarang, tapi coba berpikir dengan cara begini: "apa sih yang Tuhan lagi pengen kasi tau ke gw?", sekarang kita memang belum ngerti apa maksudnya, but one day you'll understand why..

+ Everything has a process, less things work out instantly
Ceritanya, si Charlie butuh robot baru gara2 robotnya rusak, terus dia dapet tawaran robot yang dulunya pernah ikut turnamen internasional, dan dia pun beli.. Robotnya sih canggih, bisa pake voice control buat keluarin special move nya.. Tapi, latian pake tuh robot aja belom pernah, songong langsung cari battle buat dapet duit, ditawarin yang opening event, dia ngga mau, malah pilih yang main event, dimana lawannya itu sang juara lokal.. Awalnya sih keliatan menjanjikan, tapi begitu diserang balik sama juara itu, langsung kalah telak, malah robotnya hancur.. $45,000 hilang seketika, padahal tuh robot udah canggih bett..

Sementara, si Max nemu satu robot tua, Atom, yang dianggep rongsokan, cuma sebuah sparring robot (dipake buat latih tanding), dirakit ulang dan akhirnya malah jadi People's Champion, ngalahin si Zeus, Juara Dunia yang dibilang enggak terkalahkan, malah bisa dilawan balik sampe pertarungan sengit.. Padahal awalnya dianggap rongsokan, tapi setelah lewatin beberapa proses latihan dan tune-up untuk sinkron perintah dari masternya, akhirnya malah jadi pemenang yang membanggakan..

Hal ini juga berlaku sama dalam kehidupan sehari2 kita.. Percayalah, apapun yang kamu kerjakan, kalo lu serius sama apa yang lu kerjain, semua hal itu ngga akan sia2.. Hasilnya akan terlihat kalo lu cukup sabar dalam hal itu *proven personally :) buat yang tau ceritanya pasti ngerti maksud gw :D*..
Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. [Pengkotbah 3:11a (TB)]
11 He has made everything beautiful in its time. He has also set eternity in the human heart; [Ecclesiates 3:11a (NIV)]
Setiap hal itu ada prosesnya, ada beberapa langkah kecil yang perlu kita lewati sebelum akhirnya kita mencapai ke puncaknya.. Bisa dibilang contohnya kayaq bikin kue.. Untuk bikin satu kue, kita perlu menyiapkan bahan bakunya, peralatannya, dan juga waktu untuk memanggang nya supaya dapet kue yang lezat dan sedap untuk disantap :)

Sama halnya, kita perlu menyiapkan diri kita dengan pribadi yang baik dalam prosesnya, dibantu dengan lingkungan dan rencana yang baik, dan bersabar dalam waktu selama prosesnya.. Seringnya kita enggak sabar dan buru2, jadi hasilnya juga mungkin jadinya nggak maksimal..

+ Endure faithfully
Di bagian akhirnya, di ronde terakhir dimana si Atom diserang bertubi2 ama si Zeus di pojok ring, tapi itu karena si Atom lagi niru gaya si Charlie.. Max udah teriakin supaya si Charlie arahin Atom buat menghindar dari pojokan tapi Charlie bersikeras bilang "Not yet", belum saatnya.. Ternyata memang itu strategi nya, supaya si Zeus kehilangan energinya buat digerakin lagi, baru dihajar balik habis2an sama si Atom.. Keren abis dah endingnya *told you!! spoiler alerts*

Endure faithfully, and you'll see the result when His time is coming.. Percayalah segala sesuatu akan indah pada waktuNya :) Ada kalanya kita tuh udah pengen nyerah padahal udah berusaha keras, tapi ingetin dan yakinkan dirimu terus pas di kondisi itu, "Dikit lagi sob.. Dikit lagi finish.. C'mon, bring your best.."
Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. [Roma 5:3-5 (TB)]
3 Not only so, but we also glory in our sufferings, because we know that suffering produces perseverance; 4perseverance, character; and character, hope. 5 And hope does not put us to shame, because God’s love has been poured out into our hearts through the Holy Spirit, who has been given to us. [Romans 5:3-5 (NIV)]
Memang dipanggang itu rasanya enggak enak: panas, menyakitkan dsb nya, oleh sebab itu, kita harus menyertakan Tuhan dalam apapun yang kita kerjakan.. Berdoa dan percaya sama Tuhan, karena Dia pasti bakal memberikan apa yang kita butuhkan.. Ingat kue tadi, setelah dipanggang dalam waktu yang tepat, akan menghasilkan kue yang sedap, dan kita juga enggak boleh lupa darat, ingat untuk bersyukur sama Tuhan untuk penyertaanNya dalam proses itu :)

+ Everyone deserves a second chance
Awalnya si Charlie enggak peduli sama sekali sama si Max anaknya, tapi seiring waktu dan kebersamaan mereka, Charlie mulai berubah jadi lebih peduli.. Sampe dia jadinya merasa berat juga buat anterin anaknya buat ketemu sama adik iparnya, sesuai janji di awal.. Tapi dia mendapatkan kesempatan untuk mengenal anaknya lebih dekat, dan ternyata dia cuek gitu, karena dia nggak mau anaknya itu hidup susah kayaq dia.. His son deserves something better than that, itu menurut dia, tapi tidak begitu menurut Max.. Apa yang Max butuh cuma kebersamaan mereka dalam pertarungan final itu.. And there they win :)

Again, this reflects similar thing about our life, between us and God.. Hayo ngaku, seberapa sering lupa sama Tuhan? Gw sih sering banget :P sering inget nya cuma pas lagi susah aje, tapi itu dulu... Sekarang masih juga kadang2, tapi sudah ada peningkatan lah, sering udah berganti ke kadang2, soon to never :D

Tapi, walaupun kita cuma inget pas susah, He never forgets about us, and His love never fails.. *gw lupa ini ada di ayat mana, nanti diupdate kalo ada :D*.. Kita semua ini orang yang penuh dosa, tapi Tuhan tetap mengasihi setiap kita dengan kasihNya, selalu ada kesempatan buat kita untuk berubah jadi pribadi yang baik kalau kita bersungguh2 hidup di dalamNya :) No matter how bad your past, He always opens His arm wide to welcome you.. So, biasain juga mengucap syukur sama Tuhan juga kalo ada hal yang baik dalam hidup kita :) Dan ingat juga, kalau sudah dikasih kesempatan kedua, jangan kecewakan kesempatan yang diberikan, pastikan kalo kesalahan sebelumnya tidak akan terulang kembali..

-----
That ends my post! *panjang juga yah*.. Moga2 nggak bosen yah baca tulisan gw :) Sekali lagi, ini apa yang gw dapat dari film itu, mungkin ada yang berpendapat berbeda, silahkan tulis di komen aje yak, so kita semua bisa tau apa pendapatmu :) Sorry for the spoiler buat yang belom nonton :P

May this post bless you all who read it :)

2 comments:

  1. Iya banyak poihnt learn and meaningnya..

    klo gw belajar dari itu film, kan tuh robot sebenarnya barang ronsokan yg temukan,tp punya program kelebihan ngikutin gaya orang yang di lihatnya.. pas pertandingan terakhir kan krn si Charlie yang membuat gerakan, sehingga tuh robot menang..

    tiba2 Tuhan ingetin gw pas ntn adegan itu , sama hidp gw, tuh dari ga da apa2, tapi karena gw punya Tuhan dan melatih kelebihan gw, dan apa pun yang gw lakukan dalam hidup gw, karena Tuhan sendiri yang "gerakin"..

    ReplyDelete
  2. wow.. ada pandangan baru :D hehe thanks for the share utk tambahannya :)

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)