Friday, August 13, 2010

Giving with heart

Ini yang gw bawain untuk w3 pertama gw di komsel pas hari Jumat minggu lalu :) Posting hari ini agak panjang, but I do believe this would refresh ourselves in being generous :) Baca dengan santai aja, jangan buru2.. Kalo buru2 mending save dulu link nya :)

---> Diambil dari dasar ayat 2 Kor 9 : 6 - 15

Giving.. Kalo kata ini yang disebut, apa yang pertama kali terlintas di kepala kita masing2 pada saat kita mendengar kata itu? Biasanya yang terlintas itu hal2 yang berupa materi, tapi sadarkah kita bahwa memberi itu tidak selalu berupa materi? Hal yang bisa diberikan itu lumayan banyak selain materi; kita bisa memberikan bantuan dan kasih kepada orang2 yang ada di sekitar kita, terutama di saat kita melihat ada teman atau orang lain yang sedang kesulitan, dan kita bisa memberikan bantuan terhadap kesulitan mereka..

Kadang2 kita suka mikir, ngapain sih repot2 bantuin orang? padahal sendiri aja kerepotan gitu loh.. Nanti itu semua bakal dijawab dari ayat di atas itu, yang mana membahas tentang besarnya efek dari Giving, baik terhadap kita sendiri maupun orang lain..

and, here we go...

Giving
Memberi itu sebenarnya hal yang gampang, tanpa kita sadari tuh sebenarnya kegiatan kita sehari2 itu juga sudah memberi, tapi, apakah yang kita berikan itu secara tulus atw bersungut2?

Di 2 kor 9 : 7, dijelasin bahwa kita tuh harus punya sifat yang memberi secara tulus dan tidak didasari oleh paksaan.. Susah ga sih buat kayaq begitu? Tidak sama sekali..

Kalo gw mo jelasin contoh, mungkin paling gampang sih saat kita memberi buat seseorang yang kita sayang kali yah *eahh.. it's romantic timee*, lo bakal ngelakuin apa aja demi orang yang kita sayang, walopun itu seberat gunung dan seribet benang kusut *eahh.. gombal nya kumat, tapi masi kalah jago dari Mr. Gombal :P haha*, dan pastinya, yang kita lakukan itu pasti dengan hati yang tulus.. Coba aja apply sikap itu terhadap orang lain juga secara perlahan, nanti juga pasti bakal tau gimana caranya :)

How to give?
* have a heart of servant (mar 10:43)
Kalo kita baca di mar 10:43 yang isinya begini:
Yet it shall not be so among you; but whoever desires to become great among you shall be your servant
hey, read the last passage well.. Bukan maksudnya kita mesti jadi pelayan buat orang lain untuk 24 jam terus menerus dan mereka malah keenakan suruh ini dan itu *keenakan dah tuh orang*, tapi maksudnya disini, miliki hati yang mau melayani orang lain, cuz di saat kita melayani / membantu orang yang kesulitan, secara ngga langsung kita sedang melayani Tuhan :)

* serve with what you have (pkh 11:4)
Kadang pas kita mau memberi, kita suka mikir2 dulu, aduh gw bisa kasi ga yah, gw begini gw begitu.. kelamaan mikir ntar malah ujung2nya ah udahlah, mungkin ntaran gw bisa bantuin..

Well, just want to share this, Tuhan tidak melihat dari seberapa besar kita memberi, tapi dari seberapa besar ketulusan hati kita di saat memberi :) *terlintas mendadak di kepala gw* Jangan dipikirin lo bisa membantu seberapa besar, sekecil apapun itu, kalo lo bantuin dengan tulus, itu bakal terlihat besar di mata orang yang lo bantuin..

Why we should give?
Ngapain kita beri? toh kita ngga mendapatkan untung apa2 gitu loh.. Yang ada juga cape doank..

Woi woi woi!! Sabar dulu boi.. Tidak selamanya seperti itu kalee.. Ini ilustrasi yang gw dapet untuk jelasin alasannya untuk beberapa point ke depannya..

+ Apa yang kau tanam, itu yang kau tuai (2 kor 9:6 , 8)
Inget prinsip bercocok tanam donk? Pertama lo pasti cuman sebarin benih yang nantinya bakal jadi hasilnya, dan yang bakal kita panen di saat sudah mateng..

Prinsip itu bisa dibilang sama seperti proses dimana kita mulai memberi.. We sow what we reap.. Kita memberi "kebaikan / bantuan" kepada orang lain, di saat 'masa panen' tiba, kita akan memperoleh "kebaikan / bantuan" yang sudah pernah kita tanam sebelumnya.. Mungkin sekarang lo ngga tau kalo orang yang lo bantu itu bakal menjadi bantuan buat kebutuhan lo di masa depan..

Dan percayalah, nantinya kita bakal menerima yang jauh lebih banyak daripada yang kita duga, bahkan berlimpah2 sampe kita sendiri cengo bin bengong sambil mikir, "wow, koq bisa yah? this is so great!".. Inget juga pepatah, "bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian", lo cape dulu bantuin orang lain, ntar lo bakal nyantai banget pas lo lagi membutuhkan sesuatu :) You'll get what you need in His time :)

+ Helping contains great power
Untuk yang satu ini, gw gak bisa jelasin dengan detail gimana rasanya, tapi kalo gw bilang, dengan cara Pak Mario Teguh, rasanya SUPER SEKALI! Percaya atau tidak, semua rasa lelah pas kita bantuin / kerjain, langsung plong.. langsung maknyus dan hilang pas kita lihat senyuman puas dan tulus keluar dari orang yang kita bantu, malah kadang kita berasa jauh lebih semangat dari dy *serasa kena charged penuh mpe overwhelmed*.. Gak pecaya?? Cobain sendiri dah, dan rasakan efeknya!

+ Give more, Gain more (2 kor 9:10-11)
Memang awalnya kita cuman bisa ngasih dalam jumlah kecil, tapi disaat kita mendapatkan "bayaran yang berlimpah", kita juga bisa memberi lebih banyak lagi karena kita sudah dilimpahkan "bayaran" besar, dan bakal terjadi secara kelanjutan.. Makin banyak memberi, Semakin berlimpah kita menerima :) Bayangin aja semakin bertambahnya itu, bukankah kita akan menjadi semakin "kaya"? Yah asal ga lupa diri aja, uda jadi "kaya", kebiasaan memberi nya dilupain *yee.. sami mawon.. ulang dari nol lagi deh*

+ Memuliakan nama-Nya lebih besar dan dahsyat (2 kor 9:12-13)
Lebay? Ngga juga.. Kenapa bisa begitu? Padahal kita cuman memberikan satu bantuan, gimana mungkin bisa memuliakan Tuhan lebih besar dan dahysat? Weits, permuliaan itu bukan cuman dari kita, tapi juga dari orang yang kita bantu, dan orang2 yang dibantu oleh orang yang kita bantu dst!

Pas gw sharing, gw ntah kenapa bisa mikir Segitiga Pascal, dari satu orang, bisa multiplikasi menjadi beribu2 bahkan jutaan tanpa bisa kita bayangkan :)

Kita bersyukur bahwa kita masi bisa membantu orang lain, dan orang lain akan bersyukur karena pergumulan mereka terselesaikan, serta bersyukur dengan adanya bantuan dari orang2 sekitarnya..

Dan apa yang kita perbuat itu, akan berdampak juga kepada mereka; mereka juga perlahan akan mengikuti tindakan kita terhadap orang lain, dan jadinya semakin luas bukan? Just a simple one-person's deed can put a huge grace throughout the world, dan semua akan semakin memuliakan nama-Nya, wouldn't it be so nice?

Conclusion..
Satu hal yang pengen gw share dan encourage teman2 yang baca, selalu inget tentang hukum tabur-tuai: "apa yang kau tabur, itulah yang akan kau tuai nantinya".. In simple, kalo lo berbagi hal yang baik, yang bakal lo terima juga hal yang baik; dan juga sebaliknya *tau sendiri lah yah*.. Dan yakinlah bahwa lo bakal terima bukan cuman 1x lipat dari apa yang lo beri, tapi berkali2 lipat dari apa yang bisa lo bayangkan :) So, sekarang apa yang bakal lo beri ke orang lain? Put a heart of giving, and you will see what you will get later :)

-----

Fiuh! kelar juga.. Well, ini pertama kalinya gw sharing di komsel, nervous nya gak ketulungan *maklum, dah lama ga tampil formal eaahh*, tapi gw sendiri feels refreshed dengan apa yang gw share, cuz this is not my words, but He is the one who speaks through me, dan gw harap yang baca bakal refreshed juga seperti gw :)

Next is my sharing moment dari apa yang gw alami sendiri tentang proses Giving ini, moga2 pada masi semangat buat baca yah hehe..

-----

Sharing
Proses giving ini juga uda gw alamin sendiri hasilnya, dan gw sendiri jujur amazed dengan semua itu, and it's all by His grace :)

Kalo gw mulai inget2, mungkin awalnya itu gw mulai dari pertama kalinya gw ikut Partnership yang diadain di komsel sekitar setahun yang lalu, Agustus 09.. Konteks Partnership ini sangat simple, masing2 dari kita diajak untuk membiasakan diri 'memberi' seberapa besar yang kita mampu dalam bentuk materi pada setiap bulannya, yang mana dana itu nantinya akan digunakan jadi dana amal untuk orang2 yang membutuhkannya..

Awalnya gw mencoba cuman memberi dalam jumlah kecil, dan gw sendiri bertekad setiap bulannya ada peningkatan.. Dan memang itu yang gw lakukan, sampe sekarang gw masi tetap ikut, walo sekarang lagi stagnan, tapi gw yakin nanti bakal bisa memberi lebih lagi :)

Dan yang gw berikan bukan cuman disitu, tapi termasuk membantu orang2 di saat gw memang bisa membantu, dan juga dalam pekerjaan gw, memberikan yang terbaik yang bisa gw lakukan..

Pas sekitar akhir Januari 2010, itu gw barusan beli hadiah buat seseorang, dan gw juga lagi butuh dana buat beli iPod Touch untuk gw sendiri buat support project iPhone yang gw kerjain waktu itu.. Kalo dipikir2 kondisi saat itu, kalo memang gw mau nabung dulu buat beli, gw kudu nunggu sekitar 3bulan nabung + tabungan gw pribadi, baru bisa beli tuh iPod.. But guess what? Gw dapet bonus pas di akhir bulan Februari, dan bisa gw pake buat beli iPod itu langsung *woohoo.. That's unbelievable! yet it's happening!* Gw bener2 ngga nyangka, tapi apa yang gw butuh saat itu, terpenuhi ngga lama dari pas gw mulai doain buat savings itu..

See? Gw mulai dari kapan, dan gw tuai di saat gw bener2 membutuhkannya.. This is what I feel, makanya gw kmaren kepikiran buat sekalian share di komsel :)

And this end my story for this time :) Moga2 ngga bikin bosen yah, dan semoga masing2 dari kita refreshed up dari cerita ini, dan mulai membiasakan diri untuk memberikan yang terbaik yang bisa lakukan :)

Cheers,

1 comment:

  1. wahhh... dahsyat....
    Wa doa mulai sekarang deh untuk dapet Lambo Gallardo.
    Kalo bulan depan belom terkabul wa cari Xang aja ya.
    he.he...

    Trus wa juga butuh iPod Touch untuk pasang di Freed neh. Kasih dong iPod loe dulu, biar nanti kamu dapet berlipat-lipat iPod and iPad wakakaka.....

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)