Thursday, July 1, 2010

Life's unfair!

Inspired by a sharing moment with several people around me lately..

Dalam keseharian kita, pasti sering terjadi hal dimana ketidakadilan itu menguasai aktivitas kita..

Terkadang kita merasa kita uda berusaha semaksimal mungkin buat sesuatu, tapi hasilnya itu tidak berbanding lurus dengan apa yang kita lakukan.. Perasaan dimanfaatin, terlupakan, dan segala gejolak negatif yang terlintas yang bikin kita tuh rasanya pengen bejek2 tuh orang / tugas..


Life's unfair!
Ya, kadang2 kita pasti sering tanpa kita sadari mengucapkan hal itu.. Contoh paling gampang, waktu ujian, kita uda belajar mati2an, nilai pas2an; terus ada temen yang lain, terlihat ga belajar, santai anteng2 saja, pas kita tanya ini itu, katanya ga tau apa2, tau2 nilai nya lebih tinggi dari kita *it happens rite?? No offense to anyone yah..*..

Kerjain tugas rame2, udah bagi tugas, tapi ada orang yang bagian dari grup males2an, jadinya hasil kerjaannya kurang, alhasil dialihkan ke yang berniat kerjain.. Di saat penilaian, eee malah yang males2an dapet nilai tinggi (@_+)

Part of my story, sebagai anak paling bontot dalam keluarga gw, waktu kecil *dan mungkin sampai sekarang sih* selalu aja dapet bagian tuh yang disuruh ini dan itu.. Dan kalo kita nolak, ntar ancemannya gak boleh pinjem apa yang nantinya pengen kita pinjam *udah dibantu juga tetep aja ga dipinjemin :P curcol hahaha*.. Kalo kayaq gitu, biasa kata orang: "Nasibmu lah nak.." -.-" yah mungkin itu nasib jadi anak paling bontot a.k.a anak bungsu (esp cowo.. kalo cewe, kadang2 cuman terjadi kalo sekeluarga lebih banyak anak cewe nya.. tapi kalo cowo yang jadi anak bungsu, terimalah nasibmu nak hahaha..)
Yah itu salah satu contohnya doank sih, masi banyak contoh lain kalo mo dibahas, tapi cape ah.. Ntar malah bikin rusuh lagi haha..

But is it really that unfair?
Yah mungkin kalo kita liat dari contoh2 kasus diatas, yah emank itu gak adil banget lah yah.. Tapi dibalik unfairness itu, ada juga sisi positif yang kita dapetin secara gak langsung..

Case ujian:
bisa aja tuh orang emank udah nyicil dari awal study sampe ujian, jadi dy berasa yakin, dan mencoba konsentrasi dengan cara dy sendiri.. Yah nyebelin sih kalo pas kita tanya, dy bilang ga bisa.. Tapi ga bisa disalahkan juga toh?

Case tugas:
di saat kita kerjain tugas2 itu, paling ngga nya kita jadi tambah ngerti toh secara prakteknya tuh gimana..Yah bagi gw sih experience worth more than just a theory :) gw lebih prefer praktek daripada teori *maklum, dodol dalam hafalan..makanya nilai gw jelek :P*

Case anak bontot:
nah kalo ini, sisi positif yang gw dapet sih, jadinya gw 'sedikit' lebih aktif.. Maksudnya, kalo ada apa2, kadang mikir, daripada suruh orang yang kerjain, mending kerjain sendiri, karena dah terbiasa jadi pesuruh :P hahaha.. Yah walo kadang kesel karena ga dapet rewardnya yang kita mau, but then bisa sekalian ngelatih sabar toh :D *yah kalo lama2 juga sabar nya mpe mentok, tunggu meletus aja :P*

So? Still unfair?
Semua itu tergantung kita lihatnya dari sisi apa.. Perasaan ketidakadilan itu pasti selalu ada, kalo kita selalu bandingin dengan orang2 yang kedudukan di atas kita.. Try to look around a bit.. Mungkin saja mereka juga merasa ada sesuatu yang gak adil dengan kita tanpa kita ketahui.. Contoh: kk ma cc gw merasa gak adil ma gw, gara2 apa yang gw minta itu selalu dikabulin ma bonyok :D *ini cuman contoh, gak bener2 terjadi di gw hahaha*... Mungkin aja kan kayaq gitu, ataupun hal lainnya yang kita ngga pernah tau..

-------
Well, yang pasti Tuhan itu akan tetap berlaku adil untuk kita masing2.. Setiap apapun yang kita terima dan perbuat, pasti ada balasan nya (rewards).. Dan apapun rewards nya, itu pasti ada makna kebaikannya buat kita masing2 :)

Stay Positive!
Cheers

3 comments:

  1. Sebagai tambahan gue lebih suka menyebutnya "Karma". Meskipun gue cuman belajar agama Buddha 1 semester waktu kuliah, tapi itu sangat berkesan.
    Karma terbagi dua. Karma jangka pendek dan karma jangka panjang.

    Jangka pendek misalnya: kamu tonjok muka aku, pada saat itu juga kubalas kalo bisa sampe gigimu rontok. Ya iyalah, gak ada apa2 ngapaen lo tiba2 tonjok orang, jelas aku gak rela :P
    Itu contoh karma yang langsung berbuah.

    Karma jangka panjang misalnya kamu tekun bekerja, cari uang. Tapi usaha mu gitu-gitu aja. Tapi tunggu dulu, anakmu mengikuti sifatmu, bekerja keras. Anakmu sekolah, kuliah dapat beasiswa. Kerja di perusahaan sampe akhirnya memimpin perusahaan sendiri. Dia balas budi, belikan semua keperluan kamu. Itulah karma jangka panjang. Atau dalam ajaran Buddha mungkin karma itu baru berbuah di kehidupanmu yang berikutnya. Di sana diajarkan mengenai reinkarnasi. Kamu yang seharusnya terlahir sebagai binatang, tapi karena karma baik yg terus kamu lakukan maka kamu dilahirkan kembali sebagai manusia.
    koq jadi gue yg nge-blog ya? Hahaha
    *cut* (bersambung di blog gue aja).

    Ngomong2 kapan neh OB kita pulang?
    Biar minggu wa bisa tidur puas, ada OB yg beliin sarapan hahaha...

    ReplyDelete
  2. hahaha.. gih bikin di blog elo haha.. tar tinggal gw baca :D

    ee.. kutu.. see! bukti nyata langsung terlihat haha.. kapan? tergantung kapan gw bisa perpanjang ktp haha.. pengen pulang juga :P

    ReplyDelete
  3. iya sank.. gw belajarnya nyicil tuh.. beneran.. tiap hari belajar.. trus klo ditanya jg ga yakin jawabannya bener ato ga.. jadi ya jawabnya gak tau :p *minta ditabok yah commentnya* wakaka

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)