Thursday, December 9, 2010

Where to go after study?

First time posting from my BB.. Quite cool eh?
Requested by Jessica, hope this might help everybody else who is currently looking for a job, or soon to be :)
-----
Setelah 4tahun kuliah *kalo lulus tepat waktu :p*, hal berikutnya yang terlintas di kepala pas deket2 semester akhir pada umumnya sih uda mulai mikir, ntar gw lulus kerja dimana atau jadi apa yak?

Banyak pertimbangan yang mulai datang, dan biasanya yang uda nempel di otak pasti pengen kerja di perusahaan multi-national dan yang bergengsi, incer gaji tinggi, kerjaan yang enjoyable, dsb.. *sapa yang ga mau yak? Gw jg pengen, tp not yet the time :p hehe*



What to prepare?
Pastinya semua butuh persiapan, mulai dari CV yang menarik, mental interview yang baik, dan pastinya skill yang kita miliki.. Tapi, supaya bisa dapat kerjaan yang asik dan enjoyable, semua hal itu mesti kita tinjau ulang mulai dari diri kita sendiri

+ Know your passion
Supaya kerja lebih nyaman, kita mesti tau kerjaan seperti apa yang kita sukai *ga termasuk leha2 di kantor ye :p itu mah semua juga suka hahaha*.. Tentu dengan kerjaan yang sesuai passion, bikin kita lebih semangat buat jalanin kerjaan kita, seribet apapun itu :)

+ Prepare your resume
Nah yang ini gampang2 susah.. Dari pengalaman + cerita2 dari temen + beberapa petuah, siapin CV yang compact dan menarik.. Punya segudang pengalaman organisasi sewaktu kuliah bisa jadi nilai tambah, tapi pilih2 lagi yang cocok dgn posisi yang bakal kita apply, biar ga bikin orang HR bosan..

Recommended: CV disiapin sebisa mungkin menarik dan bisa jelasin siapa diri lu dalam 1 halaman doank.. More than that, *yawn...* boring.. (Pengalaman di kantor pas lagi mau rekrut orang baru :p)

Gw sendiri juga ga jago2 amat bikin CV, tapi coba aja cari senior2 yang kerja di company yang oke, minta CV nya, pelajari gimana trik2 nya.. Ada segudang cara utk bikin CV yang menarik :)

+ Get to know your target
Cari tau info sebanyak mungkin tentang perusahaan yang jadi target kita.. Ini bisa jadi nilai tambah kalo kita bisa identify apa yang bisa kita lakukan untuk perusahaan lebih awal, jadinya orang HR juga pasti lebih tertarik..

Tapi, jangan sampe berlebihan juga.. One case, applicant sampe bisa tau Facebook boss gw, sampe tau nama anak2 bos gw dsb *what the freak!* itu hal yang ga penting, ntar kalo dah masuk kantor baru cari tau juga masi keburu haha :p

-----
Itu semua common case yang mesti disiapin, semua juga pasti uda pada tau lah yah..

Tapi, gw pengen share tentang kerja di perusahaan kecil.. Bingung mo share apa tentang perusahaan gede, cuma sering denger2 dari temen, ada yang bilang oke, ada yang bilang kacau.. Beda orang, beda pendapat hehe..

Setiap perusahaan itu akan terlihat bagus atau buruk tergantung dari sisi management nya.. Perusahaan besar dan terkenal belum tentu punya internal management yang baik, bisa jadi malah bikin karyawan jadi kuli :p

Bekerja di perusahaan kecil yang management nya oke, ada plus minus yang bisa diambil.. Masalah gaji tidak perlu dibahas, karena semua itu bergantung dari performa kita di kantor.. Dalam perusahaan gede, sudah pasti punya banyak karyawan, dan belum tentu performa kita bakal diperhatikan satu per satu..

Dalam perusahaan kecil, kita bisa mendapat perhatian bos lebih besar dibanding dalam kantor besar.. Bos akan menilai langsung performa kita, dan pastinya kita akan diberikan reward yang sebanding dengan performa..

Dan jika prospek kerjaan di kantor itu lebih oke, bisa jadi nantinya bakal jadi kantor besar, dan kita jadi bagian dari perkembangan perusahaan itu :)

Kerjaan yang banyak dan menumpuk seharusnya bukan jadi alasan untuk quit, tapi lihat sisi baiknya, itu menandakan perusahaan masih prospektif dalam project.. Justru kalo uda ga ada project, nah itu yang dipertanyakan, gimana nasib di kantor nantinya klo ga ad project :)

-----
Tapi inget, selain kerja di perusahaan, kita juga punya option loh jadi entrepreneur, bikin usaha sendiri, dan jadi bos sendiri :) Kalo punya ide dan resource, kenapa tidak jadi entrepreneur aja? Lumayan kan bisa nambah lapangan kerja juga buat yang lain :) dan kita juga dapet penghasilan yang lumayan kalo prospek nya bagus

-----
Yang dibahas di atas cuman sedikit tips n trik, moga2 bisa membantu :) Good luck buat semua yang lagi job-seeking, dan bagi yang nantinya bakal kerja :)

Have fun!

Life is all about learning.. We won't stop learning till the end of our life..

1 comment:

  1. Di perusahaan besar juga sama aja.
    We have got "divisions".
    Jadi masing2 divisi punya pemimpin, nah, sebagai awal
    anggaplah tuh bos elo. Karena Pimpinan perusahaan gak
    mungkin kenal kamu (1 dari 5000 karyawannya).

    Di perusahaan besar orang yang menduduki jabatan nyaman,
    gaji lumayan, kayak pemimpin divisi, biasanya berusaha
    mempertahankan posisinya di sana sampai ada promosi ke level yang lebih tinggi. Jadi kadang mereka melakukan segala cara agar skill kita tidak sampai melampaui skill mereka.

    Nah.. kalo jumpa atasan kek gitu mending quit deh =P

    Tapi ada juga atasan yang fair, menunjukkan skill kita ke top level dan mengusahakan agar kita dapat promosi.
    Itu baru atasan yang mantep. Bersaing secara sehat dan benar-benar ingin memajukan perusahaan.

    Tapi survey membuktikan 80% dari freshman, kalo bokapnya punya perusahaan atau bisnis yang lumayan pasti "Kembali ke Papa".
    wakakakakaka
    Let's see....

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)