Sunday, September 19, 2010

Jatuh dan Bangkit

This post is based on personal experiences, stories shared by friends, and what I saw in the environments :)
-----

Hidup itu bener2 hal yang paling unik dan menyenangkan.. Bagi gw, hidup itu adalah "sekolah" yang paling dahsyat, belajar yang ga ada habisnya.. Makanya akhir2 ini kalo yang ada pin BB gw, status gw 'Life is full of surprise! Surprise me!!'..


Ada banyak hal yang terjadi, mulai dari yang menyenangkan sampai menyedihkan.. Hidup itu bisa dianggap seperti roda yang berputar, ada kalanya kita merasa seperti ada di atas, tapi juga kadang kita merasa jatuh terpuruk sampai paling bawah, serasa mentok ga bisa ngapain2..

Pas berada di atas, semua tuh rasanya nyaman, damai bangett ampe mentok! Semua hal berasa sangat gampang dan bener2 menyenangkan hati, sampe2 mungkin kalo dikasi tanah pun dibilang blackforest cake hahaha..

Pas berada di bawah, rasanya tuh rontok serontok2nya, hancur sehancur2nya, sampe bener2 tuh ga berbentuk; lebay nya, serasa pengen mati aja dah, cape ati, pegel sana sini, ngapaen terpuruk terus..

Tapi, pernah ga sih kita menyadari kalo sebenarnya semua itu tergantung dari diri kita masing2? Apakah kita memilih buat tetap disitu, atw bangkit dan move on?

=====

Here are some tips I can share, kalo2 ada temen2 yang merasa lagi down banget :)

# Share it to your close friends

Keluarin semua uneg2 ke orang yang terpercaya sangat manjur *pasti ada donk orang2 yang lo anggep orang terpercaya lo :D*, bisa bikin kita merasa jadi lebih legaan dibanding kita simpen sendiri mpe kita eneg a.k.a full tank.. Bisa aja ternyata pas kita ceritain uneg2 kita, ada kata2 dari temen kita yang ingetin atw comfort kita, and bisa juga jadi solusi dalam masalah yang kita hadapi.. Open your mind, and you'll get your answer from it :)

# Forgive yourself and others

Pas lagi ada masalah, kadang kita sering mencari kambing hitam dari masalah itu, antara kita ga mau disalahin, trus nyalahin orang lain, atau yah emank kita yang salah, trus kita bingung mesti gimana n jadinya nyalahin diri sendiri terus.. Forgive others and yourself, karena kalo kita masih menyalahkan diri atau orang lain, sampe kapanpun masalah itu ga bakal kelar.. Dan kalopun uda dimaafin, maafin dengan tulus, jangan ungkit2 lagi masalah yang sudah lewat..

# Stay positive and open-minded

Di saat terjadi suatu masalah, jangan dipikirin tentang kenapa masalah itu terjadi, tapi lihat sisi pembelajaran yang bisa kita ambil.. Seperti yang gw bilang di awal blog gw, hidup itu penuh dengan bahan pembelajaran, setiap hal yang terjadi dalam suatu masalah itu pasti ada nilai positif nya yang bisa diambil sebagai pelajaran buat kita, untuk kebaikan kita juga..

# Find a community

Adanya komunitas yang positif bener2 membantu banget buat kita untuk bangkit.. Pas kita lagi down banget, sebenarnya kita tuh butuh perhatian dari orang2 sekitar kita, dan dengan adanya komunitas, kita punya orang2 di sekitar kita yang care, dan komunitas yang positif pasti bakal membangun dan memberikan masukan.. Ini juga mendukung point gw yang pertama tadi..

On this term, I'm glad to find my new community, StarLight, terutama temen2 komsel, yang bener2 membangun gw banget dalam jalan positif *Thanks a bunch: Patrice, iChon, Colin, Irene, Merrick, Yones, Sheila, Angel, Janet, Jimmy, Mario, Siska, Ardilles, Nicole, Ronald, Arby, Eddy, Steven, dan masih banyak lagi yang ga bisa disebutin satu2*

# Bring it into your prayers and positive actions

Lastly, which is the greatest part, bawa dalam doa.. Yah memang keliatannya sepele, tapi trust me, it heals! Kalo memang ga bisa keluarin uneg2 ke temen, bawa aja dalem doa, keluarin semua uneg2 nya mpe mentok.. Pasrahin diri dan masalah lo ke Tuhan, dan yakin deh, semua masalah itu pasti akan selesai pada waktu-Nya.. Dan juga bukan berarti leha2 dan santai doank ga berbuat apa2..

Bila perlu, cari satu lagu worship yang lo paling demen, nyanyiin aje.. Sing it out loud, dan kalo emank feels like wants to cry out, jangan ditahan2... Trust me, bakal berasa lebih legaan setelah itu *applied and proven :D*.. Here's my recommended song: Shout to the Lord - Hillsongs / You are my Father - True Worshippers.. Not really recommended lagu2 patah hati!! Gak bakal bikin lo makin baik, malah makin gila!

Have a heart of forgiver, and believe that it happens for something greater! Mungkin apa yang terjadi itu tidak sesuai rencana kita, tapi Tuhan punya rencana yang lebih baik lagi buat kita :)

=====

Buat yang lagi down, coba deh tips2 di atas, proven personally dan itu bener2 membuat gw jauh lebih lega, dan membangun gw jadi orang yang lebih baik :D

Jangan takut untuk jatuh, cuz semua orang pasti pernah jatuh terlebih dahulu dalam segala hal, tapi jangan lupa untuk belajar dari masa2 jatuh itu untuk menjadi lebih baik lagi di masa depan :)

Contoh: waktu kita bayi, belajar berjalan, ga ada satupun yang bisa langsung jalan dengan baik dan ga terjatuh *paling ditangkep kalo dah oleng hahaha, kalo ga yah jdughh.. benjol deh*, di waktu kita jatuh, kita belajar buat menguatkan kaki kita, supaya bisa berjalan dengan baik.. And it applies to our daily routine :D

Believe that a bright day will come! And things happen for a good reason :)

Be blessed my friends!

"The Lord reached down from above and took hold of me; he pulled me out of the deep waters" (Psalm 18:16 TEV)

2 comments:

What's your thoughts? Share with me :)