Wednesday, September 22, 2010

Bersyukurlah!

Inspired by meeting some blind people on my trip home today + observing my environment..

-----
Hari ini gw bener2 tersentuh banget bisa bertemu dengan orang2 yang jarang banget bisa gw lihat dalam kehidupan sehari2 gw di Jakarta ini.. Tadi pas di perjalanan pulang di bus TransJakarta, pas nyampe di halte Karet, tiba2 bus diisi ma beberapa orang tuna netra yang gw ngga tau dari mana datangnya *biasa, uda pewe di deretan belakang bus sambil denger iPod*, baru ngeh pas mendadak pada yang duduk grasak grusuk ngasih tempat buat mereka..


Pas gw peratiin, salah satu dari mereka tiba2 keluarin hp *keren boq, jangan anggap remeh yah!*, sepertinya hp itu di-design khusus buat tuna netra; mereka deketin hp nya ke telinga, sambil tekan tombolnya *lagi cari menu deh kyqnya* trus mereka ngobrol2 santai selama di bus, dan akhirnya gw turun di halte Bunderan Senayan n mereka melanjutkan ke arah Blok M..

Apa yang menarik dari ini?? Gak penting banget dah lo sang, nulis blog cuman cerita begini doank..

Here's what I thought afterwards..

Sadar atau tidak, sering banget kita ngomel2, bete, dan segala macem namanya itulah, hanya gara2 masalah sepele dan ga penting.. Contoh paling ga penting yang pernah gw denger dari alasan orang marah: HP mati... Ada orang yang gara2 HP nya mati, panik setengah mampus, lari sana sini ga nemu charger, trus bete seharian (HELOOO!!) *seriously, this happened*.. Hadeh, cuman gara2 masalah kyq gitu, bete seharian, penting banget ga sih?

Terkadang, kita terlalu sering melihat ke atas, tapi lupa melihat ke bawah... Kita pengen ini dan itu banyak banget *dah kyq lagu doraemon deh*: HP, Laptop, segala gadget2 terbaru, rumah, mobil, motor dsb lah..

Contoh kecil: kita dah punya HP GSM yang ada kamera, gigi biru (Bluetooth), bisa puter mp3 dsb, trus liad2 sekitar, semua orang pake SmartPhone keluaran terbaru yang bisa chatting gratis ke sesama *sorry sob, ogah nyebut merk, kaga mao promosi gratis hahaha.. ente2 dah taulah maksud gw*, trus kita juga pengen beli.. Pas mo beli, ga dibolehin ma bonyok *kacian deh loe (ngomong ama diri sendiri, ngaca di masa lalu) hahaha*, trus bete dan kesel.. Yang seharian dah asik2 gitu, cuman gara2 ga dibolehin trus bete *nah kalo ini kaga dari pribadi ye, ga sebegitunya kale gw dulu*

Bersyukurlah gw dulu ngga terlalu dimanjain, minta apa dibeliin.. Sekarang gw ngerti kenapa harus bgitu..

Coba posisikan diri lo sebagai orang yang ga mampu beli HP, trus lo liad orang2 sekitar lo pake HP, even itu masi monophonic.. Pasti lo pengen banget donk punya, supaya bisa gampang komunikasi ma temen2 dan orang2 terdekat.. Sekarang, lo dah punya tuh HP, tapi masih aja mau lagi yang baru terus *namanya juga manusia, gak pernah puas*, bersyukur deh uda punya HP, daripada kaga punya sama skali.. Lagian, HP canggih2 kalo ngga kepake fiturnya semua yah sami mawon juga, mending pake HP yang jadul yang konon katanya banting ke guguk juga tewas dan masih bisa dipake *candaan lama*..

Back to topic, kita tuh mestinya bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang ini.. Bersyukur kita diciptakan punya organ tubuh yang komplit tanpa cacat sedikitpun.. Gw ngga bisa bayangin apa yang dialami ma orang tuna netra yang gw ketemu tadi, seberapa emosinya mereka ga bisa lihat apapun dari sejak mereka lahir atau sejak kecelakaan yang menimpa mereka jadi ga bisa lihat apa2..

Kita dah lihat banyak hal, dan kita ga pernah bersyukur sedikitpun, mungkin kalo orang tuna netra tadi dikasih kesempatan bisa melihat, betapa indah dunia yang bisa terlihat bagi mereka yang sudah sekian lama hidup tanpa bisa melihat apapun dalam hidupnya..

Ayolah, stop ngomel2 gara2 hal sepele, ngapaen cape2 ngomel atau bete gara2 hal kecil, padahal ada banyak hal yang terjadi dalam sehari, yang mungkin lebih banyak senangnya, tapi hancur gara2 hal kecil..

Belajarlah lihat hal yang positif dalam hidup, ada banyak hal positif yang bisa kita ambil setiap harinya jika kita menyadarinya..

Banyak hal kecil yang bisa kita syukuri, kalo kita melihat dari perspektif lain.. Belajar melihat dan merasakan apa yang orang lain rasakan, bakal bikin kita mensyukuri hidup kita..

Pas nulis ini, mengingatkan gw akan satu cerita yang biasa diforward lewat email.. Tentang seseorang yang merasa hidupnya selalu gagal dalam relationship, dan dy uda ngga kuat buat jalani hidup dan memilih lompat dari gedung lantai 12 tempat dy tinggal.. Di saat dy terjun, dy melihat di masing2 lantai, orang yang dikenalnya yang sangat tegar dan kuat itu, menghadapi berbagai macam masalah yang gak pernah terlintas di pikirannya selama ini.. Tapi, dy telat menyadari kalo masalah dy itu masih sangat mudah diatasi dibanding yang lain..

Kalo merasa hidup lo dah paling parah diantara semua yang hidup, think twice my friends.. You'll never realize how hard other face their own life.. Buka matamu, buka telingamu, buka hatimu.. Bersyukurlah juga buat masalah2mu, cuz di saat kita berhasil mengatasinya, kita menjadi orang yang lebih baik daripada kita yang sebelumnya :)

-----

Maap ye kalo blog gw suka brantakan.. Kalo ada masukan, kritik dan saran dan apapun itu, kasi tau gw yah.. itu ada chatbox di barisan kanan, isi aja kalo ada uneg2 soal blog gw :D

See ya on next post :)

Be blessed, my friends!

2 comments:

  1. Over all hampir mirip sama blog na saya ^^...E.T...but well done ^^

    ReplyDelete
  2. Ngomong2 tuh G900 ga pengen ganti iPhone?
    Wa mo ganti X10 neh, udah bosen sama Onyx.
    Wakakakaka......

    Truz mo beli Honda New Civic, Kawasaki Ninja 250cc, Laptop Asus Lamborghini, truz Condo di Cambridge biar malam minggu bisa istirahat di Medan, truz 1 di S'pore biar lebaran wa bisa ke sana, truz nanti wa beliin 1 di Jakarta biar lu en Phei bisa pake deh.
    Wakakakakaka......

    Ga Jin, ga Manusia, matreee kabeee....

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)