Friday, November 19, 2010

Si "Tong Sampah"

Kadang-kadang Sering di saat kita sedang jenuh atau lagi banyak pikiran gitu yah, udah buteq bin mumet bingung mesti bijimane terhadap suatu masalah yang kita hadapi, rasanya tuh pengen dimuntahin keluar apa yang lagi kita empetin, tapi kita juga ga bisa sembarang muntah, daripada ntar malah jadi berabe pula..

Dan akhirnya kita mencari seseorang yang kita percaya sebagai "Tong Sampah" *sohibnya Tong Sam Cong* buat keluarin tuh uneg2 semua.. Biasanya yang jadi "tong sampah" ini adalah orang2 yang dekat secara pribadi, atau orang yang memang kita percaya bisa menjaga rahasia dari apa yang kita keluarin :P

Masing2 dari kita semua pasti pernah merasakan jadi orang yang mencari "tong sampah" itu, dan kita sendiri yang malah menjadi "tong sampah" bagi orang lain *pengalaman pribadi cuy.. ga pake curcol hahaha*, tapi seberapa seringkah kita yang menjadi "tong sampah" bagi orang lain?

Suka Duka jadi "Tong Sampah"
Menjadi "tong sampah" itu sebenarnya ada suka duka nya sih.. Secara pribadi, banyak pengalaman unik yang gw dapetin di saat gw yang jadi "tong sampah" *gak maksud songong, cuman pengen share aja*.. Anyhow, setelah ini "tong sampah" bakal disingkat jadi TS (bukan Thread Starter ala Kaskus yee gan), cape juga boq ngetik ulang2 :P

Contoh pengalaman uniknya, kita bisa mencoba mempelajari karakteristik setiap orang yang kita temui.. Bagi gw pribadi, bisa mengenal uniknya karakter tiap orang yang kita hadapi tuh menyenangkan *hmm.. semakin terbukti kalo gw salah jurusan -_-"*, dan nantinya kalo ketemu orang yang karakternya mirip2, kita uda tau mesti gimana hadapi orang tersebut..

Serunya lagi, kita bisa belajar dari cerita mereka, mungkin itu masalah yang kita tidak hadapi saat ini, tapi bisa jadi pelajaran awal supaya kita tau harus gimana pas terjadi hal yang serupa pada diri kita sendiri :)

Cuman, jadi TS itu yah emang kudu sabar extra.. Di satu sisi kalo yang cerita itu orangnya emosian, bisa2 kita yang didamprat ma dy, padahal kita ngga tau apa2, kita yang kena ocehan nya.. Untungnya sih belom ada case dimana pas jadi TS, dilempar piring gara2 orangnya terlalu emosi :P paling cuman dengerin orang ngedumel doank, mpe dy legaan baru deh ditanya bae2 apa yang lagi dipusingin mpe segitunya..

Atau, pas orang lain menjadikan kita TS, tapi kita sendiri juga lagi "penuh", jadinya makin ajib dah, antara mo tega2an, atau yah tetep dengerin doank, ga bisa ngapain2 :P paling ujung2nya tukeran posisi jadi TS haha..

How to be a good TS?
Hal paling penting, sabar dan bersikap objektif terhadap hal yang kita dengar.. Terkadang kita mendengar cerita tentang masalah pribadi orang lain, dan mungkin itu berkaitan dengan orang yang kita kenal secara pribadi juga.. Di saat seperti itu, sebagai TS yang baik, seharusnya tidak berpihak pada satu sisi, tapi mencoba melihat dari sisi pihak netral *hal paling susah neh*..

Memang sih, ujung2nya jadi serba salah, paling tidak kita bisa menyampaikan pandangan kita terhadap apa yang orang lain hadapi itu diperlukan, supaya orang tsb tau dan melihat situasi itu dari pandangan orang lain; karena di saat kita sedang menghadapi masalah, cenderung sulit melihat sesuatu dengan jelas karena kita terlalu "dekat" terhadap masalah, butuh pandangan yang datang dari seseorang yang "jauh" dari masalah itu :) dan disitulah peran TS, memberi saran dengan penyampaian yang tepat dan jelas *belajar dari #C3 nya abang Yones :D* supaya ngga salah persepsi..

Apa benefitnya jadi tong sampah??
Kalo ditanya apa benefitnya, beberapa orang bakal mikir, "ah ngapaen gw habisin waktu gw buat dengerin ocehan orang lain?", tapi percaya deh, waktu yang kita habisin itu ngga selalu sia2 koq.. Kita bisa belajar banyak dari masalah orang lain, yang akihrnya bisa dijadiin strategi kita untuk menghadapi masalah kita :)
Benefit lain, kalo kita berhasil membantu orang menemukan jalan keluar dari masalah mereka, walo kita uda cape atau kesel terhadap orang itu, nantinya bakal terbayar lunas sendiri dengan kelegaan dan keceriaan dari orang yang cerita ke kita :)

Tapi males juga sih kalo jadi TS orang yang selalu ngoceh hal yang sama berulang-ulang, padahal uda dikasi saran segala macem, pas diceritain itu lagi, itu lagi -_-" *ada yang kesepet?? no offense yee*.. Seolah2 kita uda kasi masukan juga cuman masuk kuping kiri keluar kuping kanan..

-----
Personally, wanna say heap of thanks to Ian, Davin, Aulia and Arly yang paling sering jadi TS gw :P Maap ye kalo gw sering ngerepotin situ, but it really nice to share with you guys :)

Maap kalo postingan kali ini rada berantakan, mungkin seperti otak gw yang lagi ruwet pengen nulis tapi bingung mo nulis tentang apaan hahaha..

In conclusion, jadi TS itu yah ada enak dan ga enaknya, tergantung dari seberapa besar kita mau berkorban bagi orang lain, and giving our best to the society.. Ga bermaksud juga jadi orang yang chiang guang a.k.a kepo pengen tau masalah orang lain, tapi jangan lupa kalo kita itu makhluk sosial, we can't live alone in this world :)

So, mo jadi Tong Sampah atau tidak, keputusan dikembalikan kepada pembaca :) Hope y'all enjoy this, kalo bisa, left some comments for critics to make this blog better :)

Ciaoo


Sumber foto: http://yustinus-susanto.blogspot.com/2008/11/tong-sampah-sket.html

3 comments:

  1. kalo si kk yang tong-sampah-in orang, buat kita2 kebanyakkan, kk yang jadi tong sampah.. hahaha..
    u're one of the best listeners ever! :)

    ReplyDelete
  2. Tong Sampah??? Wakakakaka....makin cinta deh dgn benda yg satu ini, byk manfaatnya hahahaha

    ReplyDelete
  3. @sharon: my pleasure for that :) gw juga banyak blajar koq dari lo :D

    @anonym: wow.. benda yang mana ini? hehe

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)