Sunday, October 10, 2010

Anger Management


This is something that i share with my Scouts friends' on Friday, 08.10.2010

------
(Ayat penuntun: Yak 1:19-28)

Kemaren ini kebetulan gw dapet kesempatan buat sharing di Scout gw (komsel), dan gw merasa kalo gw perlu share sesuatu tentang anger management / pengendalian emosi ini. Dan memang ada beberapa alasan khusus kenapa gw membahas ini, bukan cuman berkaitan dengan lingkungan gw, tapi juga diri gw sendiri..

Marah itu merupakan hal yang normal lah yah buat manusia, emank sapa sih yang ga pernah marah disini? Kalo ada sih gw salut dengan level sabar nya :) Tapi, kadang gw menemukan ada orang yang super pemarah, sampe2 hal paling sepele aja bisa marah seharian, padahal sebenarnya tuh seharian dy uda senang2, hahaha hihihi kemana2, tapi gara2 satu tompel doank langsung sewot *ckckck.. geleng2 serasa anak dugem*
Be angry, and do not sin; do not let the sun go down on your wrath / Apabila kamu marah, janganlah kamu berbuat dosa; janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu (Ef 4:26)
Marah sih sah2 aja, tapi ga perlu sampe lebay, ngomong sampe ga pake filter, atau even worse, mukul orang / merugikan orang lain dan diri sendiri.. Biasanya kalo dah marah, otak tuh dah ga bisa berpikir secara rasional, ntar pas dah tenang baru deh mikir: "gw tadi ngapain yak?".. Kita tuh harus bisa menjaga emosi kita, cuz pas kita marah itu, seperti yang ditulis di Yak 1:20,
Sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah (Yak 1:20)
Dan sebisa mungkin, selesaikan perkara marahmu segera, jangan tunda2 sampe nanti malah jadi bom waktu buat diri kita sendiri.. Mending lega sekalian daripada ditimbun dalam diri sendiri.. Kalau marah nya ngga ditangani segera, secara perlahan akan merugikan diri kita sendiri.. Ilustrasi nya itu bisa dianggep gini: kemarahan dan kepahitan itu seperti tai kuping *someone knows this gonna laugh out loud :P*, kalo ngga dibersihin dan ditumpuk, bisa menutup telinga kita dari hal2 baik, yang akhirnya mengiring kita berbuat sesuatu yang buruk..
Here's my sharing part, you may skip this if you don't want to read :)

###
Selama sepekan terakhir ini, gw bener2 serasa seperti anak labil, emosi ga karuan.. Dari yang santai2 aja, mendadak bisa emosi sendiri *hadeh, dasar si anak labil..*, tapi apa yang memicu gw jadi seperti itu? Semua terjadi dimulai dari satu video lagu yang gw dapet dari link share temen2 di Facebook.. Ada temen gw share penyanyi muda berbakat, Maddi Jane, dan memang suaranya itu keren banget.. Baru ada tiga video, dan yang paling oke tuh di lagu cover nya The Script - Breakeven, tapi lagu itu yang bikin gw jadi agak labil :P

Isenk2 coba embedded video, lagu cover Shontelle - Impossible


yah mungkin rada lebay, masa cuman gara2 lagu aja bisa ampe segitunya? Just to let you know, lagu itu seringkali bisa membawa emosi kita mengikuti lirik dan melodi nya, tanpa kita sadari.. Kalo kata Irene, mami pengurus tim PW, There is a power in Praise n Worship (song).. and this applies to any songs that we are listening to..

Setelah lihat videonya, gw penasaran ma lagunya, coba cari chord dan lirik nya dari Google, eh ternyata chord nya gampang.. Mulai deh, ngejreng2 sendiri, nyanyi2 sendiri, tapi lama kelamaan kebawa emosi, dan kalo dilihat liriknya lagi, emank ceritanya tentang rasa marah ke seseorang.. Dan nie lagu bener2 nyantol! sampe di kantor juga masih terngiang2, jalan pulang kantor juga puterin di iSang (nama iPod gw hahaha.. yah nama gw juga seh :P) *wait, itu "I Sang" = "Gw nyanyi"! :D*

Ditambah lagi, ntah knapa seminggu ini juga timeline di Twitter gw lagi penuh ma orang2 yang emosian juga.. Baca twit mereka aja gw juga jadi emosi, apa2an ini kayaq gini aja marah2 *ngaca sang.. ngaca!*.. Rasanya pengen bakar aje tuh semua hahaa..

What's the impact? Banyak blunder terjadi selama seminggu belakangan ini, dan ga perlu lah diceritain satu per satu, ntar curcol :P haha.. Yang pasti, seminggu ini gw bener2 ngga begitu nyaman, sampe2 mood gw buat kerja dan ngapain2 aja naik turun *serasa roller coaster boii*, masa2 tidak produktif -_-"

###

+ Toleransi terhadap hal sepele (ams 19:11; ams 17:14; pkh 7:8-9)
Kadang gw suka bingung, ada sebagian orang yang gampang banget bete sama hal yang sebenarnya kalo dipikir2, ga penting to the max! Tapi bisa bikin bete serasa orang lagi dapet *gmana yah? ga tau juga sih rasanya, kapan gw dapet? hahaha*.. Cobalah mulai bertoleransi terhadap hal sepele.. Tapi level sepele tiap orang kan beda2? Nah kalo itu kita perlu belajar dari orang lain yang kita kenal, yang kita tau mereka itu lebih sabar menghadapi sesuatu.. Perhatikan sikap toleransi mereka, dan belajar juga memberi toleransi :)

+ Kendaliin lidah dan bibir (ams 15:1; ams 21:23)
Bukan kendaliin si Justin Bibir ye, tapi ini kendaliin omongan apa yang kita keluarkan sewaktu kita marah.. Ingat, there is a power in the words we speak, ada kuasa dalam setiap omongan kita.. Kadang memang kita ga bermaksud begitu pas kita marah, tapi kita ga bakal tau gimana tanggapan orang lain terhadap omongan kita.. Setiap orang punya 'beban' masing2, dan kalo saja pas kita lagi marah, ada yang samperin, trus kita omelin tuh orang, padahal dy ngga ada salah apa2, bisa jadi persahabatan antara kita dan mereka jadi rusak padahal kita ngga bermaksud begitu..

Remain silent when being angry is the best way.. Bila perlu, jangan berada di sekitar area yang memicu kemarahan kita untuk sementara waktu sampai kita tenang.. Daripada keluarin ucapan2 pedas ga jelas yang bikin orang lain sakit hati, mending diem, tarik napas, tenangin diri, n berdoa aja dah moga2 tuh orang ga gitu lagi :D

+ Cari 'tong sampah'mu
Keluarin uneg2 itu biasa bikin kita lebih legaan, mencari orang yang tepat untuk jadi tempat cerita itu kadang membantu kita dalam menghadapi kemarahan yang kita hadapi.. Sebisa mungkin, jangan cari orang yang sesama emosional pas lagi mo sharing, bisa2 ntar malah sama2 meluap2, yah ngamuk aja sono berdua, ga bakal kelar.. Akan lebih baik lagi kalo langsung dibahas dengan orang yang sedang bermasalah dengan kita, tapi bukan pas lagi emosi ye, dah cooldown dulu baru samperin :)

+ Forgive truthfully
Ini bagian paling penting yang terlihat gampang, tapi paling susah, apalagi kalo lagi marah2.. Dari mulut sih kita bilang, "yah gw sih uda maafin dy", tapi apakah di hati juga sudah demikian? Kebanyakan tidak.. When you say that you forgive someone, mean it! Apa buktinya kalo memang kita sudah maafin? Kita ga bakal ungkit2 kesalahan2 yang dulu2 terhadap kita kalo suatu hari terjadi konflik lagi.. Belajar memaafkan itu bener2 punya satu impact yang dahsyat, and we'll discuss bout this on next blog :)

-----
Fiuh.. Panjang juga yah kali ini, moga2 yang baca ngga bosen dan ngantuk yah pas lagi baca..

Input dari @MerrickJo: "Saat lagi menyelesaikan satu masalah, fokus pada masalah itu saja, tidak perlu mengungkit kesalahan2 yang sebelum2nya."
dan satu lagi masukan dari @iReNeeLove: "Selesaikan dengan cepat, dengan tujuan yang tepat, terhadap orang yang tepat, pada waktu yang tepat" *ada yang kurang ga yah bu Irene? correct me if i missed out*

Semua hal itu perlu proses, ga bisa instant *snap* langsung bisa.. Just keep trying, and have faith and trust, that this will bring out something great in your life when we apply it :)

Mudah2an post kali ini bisa menyegarkan hati teman2 yang lagi baca :) Have a blessed day :D

1 comment:

What's your thoughts? Share with me :)