Monday, June 20, 2011

Happy Father's Day

Graduation Moments
Dedicated for all fathers in everywhere, especially my dad..
-----

Sosok seorang Ayah bagi anak2nya, merupakan sosok yang paling dihormati dan disegani, karena Ayah itu galak?? No man! Karena dialah yang merupakan orang paling berjasa dalam kehidupan anak2nya, dimana Ayah itu adalah tulang punggung keluarga, yang selalu membanting tulang *seperti adegan smackdown* demi menghidupi keluarganya. Tanggung jawab paling besar dalam sebuah keluarga.

Sejujurnya, gw baru tau kalo ada Father's Day, padahal selama ini gw lebih sering denger Mother's Day.. Lumayan, dengan adanya Father's Day ini, mengingatkan gw tentang jerih payah bokap gw selama ini dalam membesarkan anak2nya, sekalian buat topic di blog gw yang sudah lama ngga ter-update hehe..

Dulunya, gw bener2 anak durhaka :P Bokap gw adalah orang yang gw (sempet) benci banget *sekarang sudah tidak lagi pastinya :)*.. Why?? It's simple.. Bokap gw adalah seorang workaholic sejati yang pernah gw temui, bekerja 27/8 yang bahkan 7-eleven masih kalah.. *menurut gw yah, ntah lah menurut kk dan cc gw*.. Selama gw 19tahun berada di rumah (sampe lulus SMA), waktu gw dengan dia bener2 sangat dikit.. Kalaupun ada waktunya, banyak obrolan2 yang berakhir dengan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain.. Itupun hanya di meja makan..

Ditambah pula, gw dulunya bener2 cuek dan gak mau tau apapun yang terjadi.. Mungkin itu karena gw sering terintimidasi dengan kata2 remeh dari bokap gw, jadinya yah wis lah, bodo teuing *perhatian! ini sikap yang jangan ditiru!*, dan juga, gw demen main game!! *sampe sekarang juga masih, apalagi Call of Duty :D* Jadinya, gw mikir, daripada gw cape ati terintimidasi mulu dengan segala usaha gw yang uda diperjuangkan, tapi kaga dapat pujian malahan dicemooh, mending gw maen game aje di kamar.. *sekali lagi perhatian.. jangan ditiru!!*

Then what happened that change my mind?

Seperti yang dulu gw pernah tulis di blog ini juga, tentang "One day you'll understand why", sesuatu terjadi dan itu membuka pikiran gw tentang bokap gw, why he was so busy back then..

FYI, gw biasa pulang silahturahmi ke rumah itu cuma pada 2 momen, Lebaran dan Imlek.. Kenapa gw ngga pulang pas libur semester genap? Karena gw memilih ikut organisasi kampus daripada di rumah duduk dan maen game / ke gudang bantuin bokap.. *beh, si anak durhaka beneran..* Emang lu ga kangen ama bonyok di rumah? Oh tentu saja IYA! Apalagi masakan rumah, maklumlah, anak kost gitu loh.. Trus napa ngga pulang?

To let you know, gw ngga betah dengan kerjaan bokap gw.. Makanya waktu gw disuruh milih kuliah atau lanjut usaha bokap, gw dengan tegas memilih kuliah, supaya gw bisa start my own business (supaya engga menjalankan kehidupan seperti bokap gw).. Mank kerjaan bokap lu apa? Bakal gw ceritain sesaat lagi..

Jadi, pas libur Lebaran, yang gw lupa itu semester berapa, tapi gw ingetnya dah deket2 semester akhir, gw pun pulang ke rumah, dengan niat bersilahturahmi 2minggu menikmati masakan paling maknyus dan enak di rumah *padahal dulu wktu jaman sekolah, pengennya makan di luar mulu :P begitulah manusia hahaha*.. Ternyata oh ternyata, bonyok gw sudah plan untuk pergi trip ke kampung halaman a.k.a China selama 2minggu, dan berangkatnya lusa setelah gw sampe rumah -_-"

Kecewa, karena cuma bisa makan masakan nyokap sehari doank, dan masa Lebaran gak ada PRT di rumah, jadi bakal jarang masak, dan beli makanan juga ujung2nya.. Serasa nge-kost lagi deh, cuma beda ini di rumah sendiri huhu..

Gudang libur selama seminggu, dan gw mesti gantiin bokap gw selama seminggu setelah itu *this is what i don't really like most*.. This is what I supposed to do:
Pagi jam 7am sudah berangkat ke Gudang.. Dan baru pulang rumah jam 5pm paling cepat, paling telat yah 6.30pm or worse.. Beres2 + dinner, lanjut hitung kas Gudang untuk tutup pembukuan, yang biasanya kelar sekitar jam 12an.. Dan diulang lagi, for the whole week..

But then, itu bukan gw sepenuhnya, tapi kk gw yang jalanin.. Gw masih colong2an brangkat jam 9, pulang jam 4, dengan alibi gak ada orang di rumah :P *peace out brother :D*.. Walau begitu, it put me a BIG SLAP! *plakk!!*.. Gw baru tau betapa cape nya bokap gw setiap hari, apa yang dia rasakan dalam kerjaannya.. It ain't easy to be my dad.. Mungkin dy judes sama gw selama gw masih kecil, karena dy kecapean setiap hari seperti itu, jadi emosi tinggi.. Bahkan hari Minggu pun ke Gudang inspeksi mobil pengangkutan..

Gw baru seminggu aja udah ampun2an, bisa bayangin bokap gw? Lebih dari 30tahun dia begitu terus setiap hari.. This, slaps me hard..

Ditambah lagi, pernah sekali gw ajakin bokap gw pergi jalan2, karena sudah lama banget ngga pergi jalan2 dan bokap gw ikutan.. He just answered me this simple, yet hard for me to deny: "Kalo Papa ngga kerja, siapa yang ngasih lu makan dan sekolah?".. Kata2 yang sederhana ini, bukan cuma nampar gw, tapi juga langsung ngeruntuhin semua 'tembok' yang gw bangun untuk membenci dia dulunya... Gw cuma bisa diam, senyum ke beliau, dan gw waktu itu bilang "Thanks for everything" sambil meluk dari samping.. Malemnya gw cuma bisa duduk diam di kamar, merenungi kata2 beliau..

Beliau mengorbankan waktunya untuk keluarga, demi melihat anak2nya sukses di kemudian hari.. Gw, malu sama diri gw sendiri, diri gw bener2 anak durhaka tanpa tau semua itu, sampai hari ini..

Late for me? Definitely late enough to realize this, until I was 22 at that time.. But, it's better late than never.. It's time for me to repay all this.. I'll prove to him that his son will do great in the world, and will make him proud :)
-----
My Lifetime SuperHeroes

Gw ngga bisa bayangin, what will I be without him. Dulu gw sempet bilang I hate him, now I regret it all.. He is definitely a TRUE HERO in my life..

Thanks Dad for the lessons of life that you teach me..
Love you always,
your son..

3 comments:

  1. Felt the same until 20++
    Didn't care about what his workaholic.
    Tapi gak separah loe Xang...
    I din't care but I never hate him :D

    ReplyDelete

What's your thoughts? Share with me :)